Jajanan Pasar Jawa Barat

 Jajanan Pasar Jawa Barat

Ada beberapa jajanan pasar jawa barat yang bisa anda coba,mulai dari rasa dan bahkan cara membuatnya,sebenarnya jajanan pasar itu disetiap daerah pasti ada,dan sangat beragam sekali,mulai dari bentuk rasa,dan warna yang terdapat pada jajanan pasar tersebut,di indonesia sendiri jajanan pasar sangat banyak dijumpai disetiap daerahnya,bisa jadi ratusan bahkan ribuan jumlahnya,kusus yang ada dijawa barat,jajanan apa saja yang ada di pasar jawa barat,yuk kita simak informasi dibawah ini.

1.Putri Noong
putri noong
Jajanan yang pertama bernama putri noong, noong yang artinya dalam bahasa sunda adalah mengintip, putri noong sendiri terbuat dari bahan dasar singkong dan pisang, yaitu singkong yang diparut lalu diberi pewarna makanan setelah itu tengah adonannya diberi buah pisang lalu dikukus hinnga matang, setelah matang lalu diberi parutan kelapa muda.


2.Gurandil
kue Gurandil
selanjutnya gurandil ini terbuat dari tepung tapioka dan diberi pewarna yaitu warna warni sehingga menarik lalu dibentuk bulat-bulat kecil setelah itu dikukus setelah matang gurandil juga diberi parutan kelapa, jajanan ini hampir mirip dengan cenil.


3. Leupeut
 kue Leupeut
Nah pasti kalian sudah yang banyak tau nih jajanan yang ini bernama leupeut hampir mirip banget dengan yang namanya lontong. Ya kan? tapi tentu beda sobat, leupeut ini terbuat dari bahan beras ataupun ketan,lontong dan leupeut itu hanya beda sedikit hanya saja leupeut dibungkus menggunakan daun pisang atau daun kelapa yang dililit dengan tali, dan leupeut diisi dengan isian oncom atau kacang.
 4.Wajit Cililin
jajan Wajit Cililin
 panganan satu ini tentu sudah banyak yang tau,namun wajit disetiap daerah itu berbeda-beda rasa ataupun bentuknya, Wajit Cililin ini berbahan dasar, gula aren,gula putih,kelapa dan beras ketan dan ditambah vanili, semua bahan tadi dimasak menggunakan api tungku, setelah matang wajit ini dibungkus dengan menggunakan daun jagung kering, lalu dijemur agar kering diluar lembut didalamnya.

5.Ali agrem
Ali agrem
kue yang berbentuk seperti donat ini bernama Ali Agrem, hanya saja ali agrem berntuk kecil sedangkan donat agak sedikit lebih besar kue ini berbahan dasar adonan tepung beras, kelapa sangrai, dan gula merah yang digoreng, perlu sobat ketahui dinamakan ali agrem karena berbentuk bulat seperti cincin, karena menurut bahasa sunda Ali artinya cincin.

6.Bandros
Jajanan ini berasal dari sukabumi yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, kelapa parut, dan santan,bentuknya seperti pukis, tapi ada yang memberi nama pancong itu tentu sesuai dengan daerahnya, hanya saja Bandros rasanya sangat gurih berbeda dengan pukis yang mempunyai rasa manis.
Nah itulah beberapa jajanan khas jawa barat yang bisa saya rangkum.Mungkin masih ada yang belum tertulis disini,adapun informasi lebih lanjut silahkan ikuti terus di edisi berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel