12 Kuliner Lampung Tradisional

Cecep345.com-Jika kitiks kita berbicara tentang kuliner Indonesia tentu saja sangat banyak macamnya, mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner modren atau kekinian, semuanya ada di Indonesia. Bahkan disetiap daerah  yang ada diIndonesia juga punya kuliner khasnya.

Di antaranya adalah kuliner khas yang ada di Lampung. Apa saja kuliner Lampung yang terkenal? ada 12 kuliner Lampung yang sangat terkenal. Yuk kita simak, kuliner apa saja yang ada dilampung.

Inilah 12 Kuliner Lampung Tradisional

1. Tempoyak

Tempoyak

Nah ini dia salah satu makanan khas lalmpung yang wajib sobat coba yaitu tempoyak.Apa sih tempoyak? Tempoyak merupakan hidangan yang berbahan dasar durian yang difermentasi.Tempoyak sendiri sangat terkenal didaerah sumatra selatan.

Tempoyak biasanya dihidangkan bersamaan dengan nasi,jarang lansung dimakan,aroma yang tajam dan rasa yang khas tempoyak biasanya dijadikan bumbu campuran makanan khas orang-orang lampung.Bagi sobat yang doyan dengan rasa yang asam tentu jangan lewatkan yang bernama tempoyak.

2. Gulai Taboh

Gulai Taboh

Gulai taboh ini merupakan kuliner turun-temurun masyrakat lampung.Gulai taboh ini berjenis kuah yang berbahan dasar santan.Kuliner golai taboh ini dapat dihidangkan dengan dua cara.Cara yang pertama adalah dengan dihidangkan dengan ikan laut dan sayuran seperti rebung daun tangkil dan kacang panjang.Cara yang kedua adalah dengan cara menggunakan ikan sungai kemudian dicampur dengan tuba(keluwek)

3. Seruit

Seruit

Kuliner selanjutnya adalah seruit juga masakan khas lampung yang bisa sobat coba.Seruit disini menggunakan ikan goreng atau ikan bakar dengan diberi bumbu tradisional,menikmati seruit ini rasanya tidak lengkap apabila tidak didampingi dengan sambal terasi kemudian lalapan,tempoyak dan mangga,sesuai dengan namanya seruit ini tentu cara makannya lebih nikmat disantap bersama-sama.Inilah yang biasa dilakukan oleh orang lampung pada umumnya.Tapi jangan salah lo selain orang lampung juga ada yang suka nyeruit.Hehehe..

4. Gabing

Gabing

Sobat juga harus nyoba kuliner lampung yang satu ini yaitu bernama gabing.Walaupun sama-sama berbentuk gulai tentu gabing berbeda dengan gulai taboh.Gabing ini berbahan dasr kelapa muda yang dipotong-potong kemudian dimasak dengan bumbu khas lampung.Gabing ini mempunyai dua rasa yaitu antara manis dan gurih karena santa.Nah gabing ini mampu membuat goyang lidah para penggemarnya.

5. Gegodoh

Gegodoh

Gegodoh juga wajib sobat coba apa itu gegodoh.Gegodah berbahan dasar pisang dan cempedak.Sekilas gegodoh mirip dengan bregedel.Namun tentu rasanya berbeda dengan bregedel jawa.Gegodoh paling nikmat bersanding dengan teh atau kopi dan dinikmati disaat musim hujan tiba.
Penasaran dengan gegodoh maka sobat jangan sampai lewatkan ketika berada dilampung.

6. Serbat Kuweni

Serbat Kuweni

Serbat kweni adalah minuman khas lampung biasanya serbat kweni ini sebagai pendamping disaat yeruit.Serbat kuweni ini berbahan dasar buah kuwini atau mangga kuweni.Minuman khas lampung ini yang berbentuk jus memiliki rasa yang cukup unik yaitu rasa kecut ditimbulkan oleh buah kuweni dan rasa manis air gula yang mana minuman ini mampu meredakan pedasnya sambal seruit.

7. Durian Kopi Luwak

Durian Kopi Luwak

Apakah sobat pernah mencicipi kopi luwak? dan apakah pernah merasakan kopi luwak dicampur dengan durian? minuman ini adalah minuman khas lampung yang paling banyak menikmati adalah lampung bagian barat.

Cara penyajiannya cukup mudah yaitu kopi luwak yang masih panas lalu dicampur dengan daging durian kemudian diaduk hingga merata,sensasi yang berbeda ini tentu membuat penasaran sobat seperti apa rasa dari dminuman durian kopi luwak ini.

8. Emping Rajabasa

Emping Rajabasa

Makanan berupa kerupuk ini berasal dari melinjo yang sudah digoreng hingga kering.Rasa yang renyah membuat emping rajabasa ini sangat cocok untuk disajikan dengan makanan yang berkuah atau sebagai camilan saja.sobat ingin membuatnya mudah ko tinggal digoreng saja buah melinjo hingga mengering.

9. Benjak Enjak

Benjak Enjak


Benjak enjak ini makanan khas lampung yang bisa anda coba.Benjak enjak terbuat dari beras ketan,pisang raja nagka yang tentu sudah tua serta ditambah santan dan gula.Konon cerita orang lampung pesisir dan lampung pepadun biasanya menyajikan benjak enjak ini untuk acara keluarga atau acara adat istiadat dan lain-lain.

Selain rasanya manis dan gurih,benjak enjak ini memiliki manfaat yang cukup banyak karena serat yang lumayan banyak.Penasaran dengan benjak enjak jika mampir dilampung maka sempatkanlah untuk mencicipinya.

10. Umbu

Umbu

Makanan khas lampung yang satu ini juga mempunyai cita rasa yang berbeda dengan lainnya yaitu umbu mempunyai cita rasa sedikit pahit,karena umbu berbahan dasar dari rotan muda yang rebus sampai benar-benar lunak.

Biasanya umbu disajikan dengan dua cara yaitu untuk bahan dasr sayur atau bisa juga bersamaan dengan nasi dan umbu sebagai lalapannya.Karena umbu merupakan kuliner tradisional lampung maka sering digunakan untuk upacara adat lampung.

11. Kue Segumpal

.Kue Segumpal

Kuliner selanjutnya yaitu kue segumpal.Dengan bentuk yang padat dan panjang kue ini di beri nama
kue segumpal.Kue ini berbahan dasar sqantan dan beras ketan,kue segumpal paling mudah didapat saat bulan suci ramadan tiba karena umumnya kue segumpal ini dijadikan sebagai menu berbuka puasa dan juga untuk perayaan adat lampung.

12. Pisro

Pisro

Nah kuliner lampung ini bernama pisro,unik ya namanya,hehehe.Pisro terbuat dari olahan ikan betok dan ikan tembakang,pisro ini merupakan makanan khas lampung  sehari-hari masyarakat pepadun,pisro ini yang dilenkapi dengan sayuran bercita rasa manis pedas gurih.

Adapun rasa manis ini berasal dari gula aren dan rasa gurih ini berasal dari terasi dan juga ikan yang dibakar.Jika sobat berada dilampung jangan lewatkan makanan yang satu ini.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas lampung yang belum tertulis disini.Semoga informasi ini bisa menjadi manfaat buat sobat semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel