7 Kuliner Khas Bulan Ramadan Yang Selalu Ngangenin

Cecep345.com-Ketika bualn ramadan tiba tentu banyak orang merasa bahagia,karena ramadan hanya datang satu tahun sekali,bukan hanya itu yang membuat ramadan istimewa namun kuliner yang ada juga membuat banyak orang kangen.karena dihari selain ramadan terkadang kuliner tersebut jarang ada.

Berikut inilah ada tujuh kuliner khas bulan ramadan yang selalu ngangenin.

1. Kurma

Kurma

Kurma memang sangat pas dinikmati disaat bulan ramadan tiba,karena buah kurma adalah buah yang disunahkan rosul untuk takjil atau untuk buka puasa telah tiba,sehingga dibulan ramadan sangat banyak pedang kurma yang menjual jualannya terutama kurmanya tersebut.

Sehingga kita tidak heran kalo kurma sangat banyak kita temui,buah kurma berasal dari negri timur tengah,meski dihari biasa kurma juga bisa temui namun dibulan ramadan kita bisa dengan mudah menemui kurma tersebut.

Rasa yang manis kurma juga sangat baik untuk mengembalikan energi yang hilang disaat kita berpuasa,jadi buah kurma adalah buah yang bisa membuat orang kangen disaat bulan ramadan.

2. Kolak

Kolak

Selanjutnya ada kuliner ramadan yang bikin kangen yaitu kolak,kolak juga sangat identik disaat bulan ramadan,bukan hanya para bunda yang hobi membuat kolak akan tetapi pedang pingir jalan atau dipasar dadakan ramadan juga banyak pedagang yang menjual kolak,sangat beragam mulai dari kolak pisang,kolak ubi jalar,ubi ungu dan masih banyak yang lainnya,kolak juga biasanya sudah pasti harus ada dimeja makan anda,karena biasanya kolak dinikmati setelah berbuka atau sebelum berbuka puasa.

3. Es Blewah, Es Timun Suri dan Es Cincau

Es Blewah, Es Timun Suri dan Es Cincau

Buka disaat puasa rasanya tidak puas apabila tidak minum yang seger-seger,yaitu es timun suri,es blewah,atau es cincau,biasanya es dinikmati ketika buka sudah dimulai,dan es juga wajib ada disaat buka puasa.Entah mengapa ketiga es ini mengalami puncak kejayaan ketika bulan puasa tiba,apalagi timun suri dan blewah,dua buah ini rasanya sangat jarang kita temui selain bulan puasa.

Mengapa ketika bulan ramadan tiba kedua buah ini sangat mudah didapat.Seakan-akan penjual buah dadakan disepanjang jalan,entah hanya dicampur dengan sirup,atau dengan susu kental manis dan lain-lain.

                    Resep Wedang Jahe (bola-bola tape)
4. kicak

Kicak

Kicak berasal dari yogyakarta,makanan ini juga menjadi salah satu makanan yang sangat digemari dan ngangenin namun ini khusus masyarakat yogyakarta dan sekitarnya,kuliner ini terbuat dari ketan putih dan dihaluskan sepert gemblong biasanya makanan ini dicampur dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka untuk pelengkapnya,waah sangat kebayang ya nikmatnya makanan ini,jadi sangat cocok dinikmati disaat berbuka puasa.

5. Bangka Kepyor

Bangka Kepyor

makanan ini berbahan dasar buah nangka yang diberi nama bangka kepyor.makanan ini mempunyai rasa manis dan makanan ini berasal dari gresik.Bangka kepyor mempunyai nama yaitu bubur nangka dan kelapa kopyor.makanan ini hanya ada saat bulan ramadan tiba,Bangka kepyor terbuat dari tepung terigu,buah kelapa kopyor,pisang,nangka,santan dan roti tawar.Makanan ini biasanya banyak dijumpai dipesisir pantai gresik.

6. Pakat

Pakat

makanan yang satu ini berasal dari medan.Pakat berbahan dasar rotan muda yang dipanggang diatas tungku selama satu jam,setelah matang rotan dikupas kulit luarnya dan di ambil bagian dalamnya yang berwarna putih,lalu dipotong-potong,kemudian disantap dengan kuah santan agar lebih nikmat.Jika anda ingin mencoba pakat maka anda bisa datang ke medan.

7. Sate Susu

Sate Susu

Selanjutnya ada sate susu,makanan ini berasal dari bali,sate susu terbuat dari kulit kantong susu sapi,makanan ini bisa anda jumpai dibali disaat bulan ramadan tiba,makanan ini juga dapat membuat stamina bertambah,sehingga makanan ini sangat cocok dinikmati disaat bulan puasa.penasaran dengan rasanya,silahkan anda berkunjung ke Bali.

Itulah tujuh menu ramadan yang tidak bisa ditinggalkan, karena rasa dan aroma yang khas, sehingga menu tersebut sangat cocok untuk menu buka dan sahur. Sekian dan semoga ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel