Masakan jawa timur khas banyuwangi

Cecep345.com-Dari tahu jenggirat tangi hingga jangan daun kelor. Salah satu daya tarik  dari suatu daerah terletak pada keindahan alamnya. Seperti daerah-daerah di indonesia lain nya yg memiliki kekhasan kulinernya yang beraneka ragam. Banyuwangi juga memiliki ke khasan kuliner nya.

Walaupun tidak semua kuliner tersebut merupakan kuliner asli banyuwangi;namun ada beberapa diantaranya yang mempunyai akar budaya dari masyarakat banyuangi dan di akui sebagai makanan khas banyuwangi. Dibawah ini adalah masakan jawa timur khas banyuwangi

1. Tahu jenggirat Tangi

Tahu jenggirat Tangi

Sesuai dengan nama nya jenggirat tangi yang berarti,bergegas bangun, dengan rasa yang ekstra pueedesss tahu ini dapat membangkitkan semangat  para penikmatnya. terletak di JL.A.Yani 104 banyuwangi (sebelah kantor pengadilan agama),abdurrahman dan istrinya Dahlia wulandari menggeluti usaha ini sejak bulan Desember 2013.

Dengan harga Rp 10.000,-per dus nya isi 10 biji,tahu jenggirat tangi juga melayani pesanan untuk acara pesta,rapat,arisan,takjil dll.berbeda dengan tahu pada umumnya,tahu ini memeiliki rasa yang begitu gurih,pedas,dengan tepung crispy yang keriuk banget.
petisnya legit siap memanjakan lidah para penikmatnya

2. Lontong Campur Glenmore

lontong Campur Glenmore

Makanan dengan rasa yang unik itu hanya bisa di temui di kecamatan glenmore terletak di selatan gunung Raung. dalam seporsi makanan yang di jual secara turun temurun ini terdapat potongan lontong yang disiram bumbu kacang yang langsung diuleg oleh pedagangnya di atas cobek batu yang bercampur dengan petis,garam,dan cabai. Baru di tambah dengan kuah yang berwarna kemerah-merahan dengan potongan lemak daging sapi dan mie bakso.

Baca Juga:



3. Rujak Soto
Rujak Soto

Rujak soto merupakan makanan perpaduan antara dua kuliner yang berbeda jenis, yaitu antara soto dan rujak. makanan ini terdiri dari berbagai macam aneka sayuran, tahu, lontong, tempe yang di campur dengan bumbu kacang, kemudian di siram dengan kuah soto berisikan kulit sapi atau babat dan cabe rawit. perpaduan dua kuliner ini menghasilkan rasa yang khas dan unik.

4. Sego Tempong

Sego Tempong

Makanan ini di sajikan dari berbagai sayur sayuran, seperti daun singkong,timun,terong, kacang panjang dll. Denan lauk tahu,tempe goreng, bergedel, ikan asin,nasi hangat dan sambal yang khas sehingga membuat kita para penikmat makanan semakin berselera.makana ini sangat cocok untuk para penggemar makanan yang pedas.

Sego tempong jika di artikan berarti Sego(nasi) dan tempong artinya tempeleng. bisa di artikan bahwa anda akan merasakan di tempeleng setelah anda melahapnya,karena sambal yang disajikan super pedas.

5. Nasi Cawuk

Nasi Cawuk

Masakan selanjutnya yaitu nasi cawuk kalo menurut bahasa indonesia cawuk itu diambil memakai tangan tanpa sendok.Nah jika anda berada dibanyuwangi maka sempatkan untuk menikmati nasi cawuk ini.Nasi cawok ini merupakan perpaduan antara nasi dan parutan,lauk,telur,dendeng,pepes ikan,parutan kelapa dan lauk lainnya.

Satu porsi nasi cawuk tentu bisa membuat perut kenyang.Jadi tunggu apalagi sempatkan jika anda berada dibanyuwangi.Banyuwangi memang tempatnya kuliner yang tepat untuk dicicipi bagi anda pecinta masakan.Masih banyak tentunya masakan khas banyuwangi yang belum tertulis disini.
Selamat mencoba.

Di antara kuliner khas Banyuwangi di atas manakah yang menjadi menu favorit Anda?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel