4 Makanan Khas Bengkulu Yang Terbuat Dari Ikan, Mana Yang Paling Enak?

Bengkulu merupakan daerah yang berada di pulau sumatera,yang penduduknya masih belum begitu padat seperti di daerah jawa dan sekitarnya. Bengkulu juga merupakan penghasil karet dan sawit yang dapat memenuhi pabrik baik industri maupun non industri. Jika anda mendengar bengkulu tentu anda akan ingat dengan bunga yang berukuran besar yaitu bunga Refflisia Arnoldii,bukan? 

Ya benar sekali,kota terbesar di pulau sumatera memang mempunyai banyak potensi alam dan wisatanya yang sangat unik,selain itu,bengkulu juga memiliki banyak kuliner khas laut yang sangat menggugah selera,dari mulai,bagar hiu sampai tempoyak ikan patin,ada dibengkulu.

Apakah anda ingin mengetahui kuliner khas daerah bengkulu,apa saja kuliner khasnya yang terbuat dari ikan? Yuk langsung saja simak ulasan dibawah ini:

1. Bagar Hiu

Bagar Hiu

Kuliner ini sangat unik sesuai dengan namanya,makanan khas bengkulu ini berbahan dasar ikan hiu yang berjenis tanduk atau punai,jika dilihat sekilas makanan ini mirip dengan rendang,akan tetapi bagar hiu tidak memakai santan melainkan kelapa yang di sanggrai.Dibutuhkan teknik khusus untuk membuat makanan ini,sebab bau amis dari ikan hiu ini sangat kuat.

Sehingga harus dibersihkan dangan cara yang sangat khusus tidak bisa sembarangan begitu saja. Bukan hanya itu hidangan ini juga membutuhkan banyak bumbu dan rempah-rempah agar rasanya smakin nikmat, untuk bumbunya terdiri dari kunyit,serai,kemiri,ketumbar,kapulaga,sampai kayu manis.

Menurut  kabarnya makanan ini merupakan makanan favorit presiden republik indonesia yaitu presiden Soekarno yang dulu sempat pengasingan di bengkulu, makanan ini hanya dijumpai saat bulan puasa,karena alasan bahan baku dari makanan ini sangat sulit untuk ditemui.

2. Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin

Adapun makanan selanjutnya adalah tempoyak yang terbuat dari ikan patin,hidangan ini sebenarnya fermentasi durian yang diolah dengan ikan patin,meski dibilang cukup aneh hidangan ini begitu populer di daerah bengkulu,ternyata bukan hanya di lampung saja ternyata tempoyak juga ada di daerah bengkulu.makanan ini begitu digemari oleh masyarakat bengkulu karrena mempunyai rasa yang segar dan lezat. Tempoyak juga bisa langsung dimakan lho. Namun bagi anda yang belum terbiasa siap-siap saja dengan rasa yang asam dan aroma yang begitu kuat menyengat ya!

3. Lema

Lema

Selanjutnya makanan khas bengkulu yang bernama lema,jika dilihat dengan sekilas lema juga hampir mirip dengan tempoyak,bedanya lema di fermentasi dari adonan rebung atau bambu muda yang sudah di cincang kemudian dicampur dengan ikan tawar,seperti ikan mujair,ikan mas,dan ikan sepat.

Untuk proses pembuatannya sendiri,jika semua bahan sudah siap maka semua bahan itu kemudian di bungkus menggunakan daun pisang kemudian di diamkan selama tiga sampai lima hari untuk proses terjadinya fermentasi,karena fermentasi itulah yang menghasilkan aroma yang begitu kuat.

4. Pendap

Pendap

Jika anda berkunjung di daerah bengkulu tentu tidak akan lengkap jika anda belum mencicipi Pnadap,Ya. Makanan ini berbahan dasar ikan yang kemudian diberi kombinasi bumbu seperti,kencur, cabe giling, bawang putih dan juga kelapa parut muda,ini tentu saja mempunyai cita rasa yang bisa menggugah selera.

Untuk proses pembuatan makanan ini terbilang sangat mudah,yaitu semua bumbu dicampur dengan ikan,kemudian dicampur dengan daun talas,kenapa memakai daun talas karena dari daun talas inilah yang akan menimbulkan aroma yang sedap pada pendap.

Meskipun cara pembuatannya mudah namun dalam prosesnya memerlukan waktu yang tidak sebentar lho.Jika di lihat hidangan ini tidak begitu nampak menggugah selera,namun jika diolah dengan baik  makan hidangan ini mempunyai cita rasa yang menggoda selera.

Baca Juga:
Itulah empat kuliner khas bengkulu yang terbuat dari ikan,menurut anda mana yang paling enak? Maka dari itu jika anda belum merasakannya sendiri pasti akan sangat penasaran dengan rasa dan oroma yang dihasilkan,karena makanan khas disetiap daerah mempunyai rasa dan aroma yang begitu berbeda. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel