10 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Enak dan Harus di Coba

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang cukup luas dibidang pulaunya dan banyak memiliki tempat wisata yang begitu unik yang mungkin tidak dimiliki oleh daerah lainnya namun dikalimantan selatan ada banyak tempat wisata seperti pasar terapung, jembatan Barito, pulau kembang, makam batu dan masih banyak lagi.

Ada satu hal yang tidak boleh anda lewatkan bila berkunjung ke daerah kalimantan selatan yaitu mencicipi kuliner  khas masyarakat lokal yang biasa anda coba.Jadi apabila anda berencana ingin menuju ke Kalimantan Selatan untuk berwisata, alangkah baiknya simak ulasan beberapa kuliner khas Kalimantan Selatan yang wajib dicicipi berikut ini.


Inilah 10 kuliner khas kalimantan selatan yang enak dan harus di coba


1.Ketupat Kandangan
2.Soto Banjar
3.Manday
4.Patin Baubar
5.Bingka
6.Gangan Asam Banjar
7.Iwak Pakasam 
8.Amparan Tatak
9.Gangan Humbut
10.Kelepon Martapura


1. Ketupat Kandangan


Ketupat Kandangan

Kuliner khas Kalimantan Selatan  yaitu Ketupat Kandangan. kuliner ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang karena di Kalimantan Selatan dan sekitarnya, kuliner ini sudah cukup terkenal dimana-mana.Berbeda dengan Soto Banjar, Ketupat Kandangan mempunyai kuah yang agak keruh karena ditambahkan santan sebagai tambahan citarasanya. Selain itu, ada juga ditambahkan ikan atau telur sebagai variasi lauknya.

Bedanya Ketupat Kandangan dengan ketupat dengan ketupat lainnya yaitu nasi ketupatnya sidikit lebih keras.Namun hal tersbut tidaklah mengurangi citarasanya, justru itu bisa meningkatkan kenikmatan ketupat tersebut.Jika penasaran anda bisa datang langsung ke kalimantan selatan sambil berlibur dan berwisata.


2. Soto Banjar


Soto Banjar

Kuliner kalimantan selatan yang satu ini juga sudah cukup terkenal,mungkin saja dari semua kuliner kalimatan selatan ini yang paling terkenal yaitu Soto Banjar, karena sudah bahkan banyak restoran dan warung makan di Indonesia yang memakai Soto Banjar sebagai salah satu menu spesialnya.
Soto Banjar ini sebenarnya mirip dengan soto yang lainnya yang ada di Indonesia, perbedaannya mungkin hanya pada kuahnya yang lebih bening. Namun ada juga Soto Banjar yang kuahnya agak keruh.Keunikan dari Soto Banjar dengan  jenis Soto lain yang ada di Indonesia adalah tidak memakai nasi melainkan memakai ketupat, dan konon lebih nikmat lagi kalau disantap bersama Sate.



3. Manday


Manday

Kuliner selanjutnya ialah Manday. kuliner khas Kalimantan Selatan yang satu ini sangat berbeda dengan kuliner lainnya karena terbuat dari kulit cempedak atau jika orang Kalimantan Selatan memberi namanya tiwadak yang diawetkan dalam waktu yang cukup lama.Meski dalam pengawetannya memakan waktu yang sedikit lama namun pada proses pengawetannya pun cukup sederhana yaitu dicampur dengan garam, yang kemudian didiamkan dalam tempat yang tertutup sangat rapat.

Sedangkan lama pengawetan itu tergantung selera masing-masing,konon  semakin lama pengawetannya maka akan semakin asam rasanya dan semakin enak.Kuliner Manday biasanya dimasak dengan cara di goreng, tapi ada juga yang memasaknya dengan cara digulai dan dibakar. Kemudian ditambah beberapa bumbu khas kalimatan sehingga membuat rasa asam dari kulit cempedak begitu enak.


4. Patin Baubar


Patin Baubar

Kuliner khas kalimantan selatan ini bernama Patin Baubar yang merupakan pepes Ikan Patin yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah khas kalimantan selatan lalu dimasak dengan cara dibakar ditungku dan bara api sampai rempah-rempah tersebut meresap ke Ikan Patinnya.Cara masak seperti inilah yang membuat Ikan Patin ini jadi lebih lezat dan juga tambah nikmat, kuliner khas kalimantan Selatan yang satu ini begitu nikmat jika disajikan dengan nasi putih hangat.

Perlu anda ketahui bahwa olahan pepes ikan patin sangat populer dikarenakan, di perairan sungai-sungai di Kalimantan Selatan sangat mudah untuk mendapatkan Ikan Patin tersebut, bukan hanya itu sekarang ini sudah banyak warga yang membudidayakan Ikan Patin dan warga di Kalimantan Selatan selalu memasak Ikan Patin dengan cara dipepes atau dibakar diatas bara api.




5. Bingka

 Bingka

Kuiliner khas yang satu ini bernama Bingka .Bingka merupakan salah satu cemilan makanan khas Kalimantan Selatan, atau lebih jelasnya yaitu cemilan khas dari suku Banjar, yaitu suku asli Kalimantan Selatan. Cemilan ini mempunyai rasa manis, lembut dan sedikit berlemak.Cemilan ini pada umumnya disajikan bersama dengan cemilan dan kue khas Kalimantan Selatan yang lainnya biasanya untuk acara pernikahan. Selain itu, Bingka juga merupakan salah satu kuliner favorit untuk berbuka puasa.

Camilan ini terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, garam, dan gula pasir. Setelah adonan jadi lalu dipanggang mengunakan cetakan yang berbentuk seperti bunga. Selain itu, terdapat berbagai varian rasa seperti: rasa pandan,tapai,kentang,dan labu.


6. Gangan Asam Banjar


Gangan Asam Banjar

Kuliner khas kalimantan berikutnya adalah Gangan Asam Banjar yang merupakan salah satu sayur khas Kalimantan Selatan. Untuk membuat sayur ini harus memakai Ikan Haruan atau Ikan Gabus, atau bisa juga diganti dengan Ikan Patin yang banyak terdapat di sungai-sungai Kalimantan Selatan.
Sesuai dengan namanya, sayur berkuah warna kuning ini mempunyai rasa sedikit asam, gurih, dan segar yang mampu mengugah selera makan .Agar lebih nikmat lagi maka sayur gangan asam banjar ini bagitu nikmat jika dinikmati dengan nasi putih hangat.



7. Iwak Pakasam  atau Iwak Basamu


Iwak Pakasam  atau Iwak Basamu

Kuliner yang satu ini hampir mirip dengan Manday, perbedaannya hanya pada bahan dasarnya yaitu ikan seperti Ikan Haruan  atau Ikan Gabus,ikan sepat,ikan mangki,dan juga ikan pepuyu. Proses pembuatannya yaitu ikan yang sudah dibersihkan lalu diberikan garam seperti Manday dan diberi samu yaitu beras yang sudah ditumbuk namun masih berbentuk.Lalu  ikan tadi didiamkan beberapa waktu.

Lama pengawetannyan itu tergantung selera masing-masing, ada yang berbulan-bulan, tapi ada juga yang sampai bertahun-tahun. Konon, semakin lama proses pengawetannya maka akan semakin terasa asin dan enak rasanya. Ikan ini biasa dimasak dengan bawang goreng dan lainnya


8. Amparan Tatak


Amparan Tatak

Camilan khas kalimatan selatan ialah Ampara Tatak.Camilan ini sudah tidak asing lagi di kalimantan selatan.Amparan tatak  mempunyai rasa yang manis. Untuk cara pembuatannya sangat sederhana.
Bahan yang digunakan ialah tepung beras dan santan, sedangkan bahan isian dari camilan ini adalah nangka bisa juga diberi isian pisang dan juga diberi daun pandan ,agar lebih harum dan nikmat.



9. Gangan Humbut


 Gangan Humbut

Gangan Humbut ini merupakan kuliner khas kalimantan selatan yang memiliki rasa sedikit manis dengan mempunyai rasa sedikit manis maka itulah yang mampu mengugah selera makan bagi yang mencicipinya dan biasanya dinikmati dengan sepiring nasi hangat.Humbut sendiri berasal dari bagian inti pohon kelapa (nyiur) yang kemudian diolah menjadi sayur yang enak dan biasanya kuliner khas ini dihidangkan sebagai menu wajib di acara hajatan seperti pernikahan ,sunatan dan lainnya.


10. Kelepon Martapura


Kelepon Martapura

Camilan khas Kalimantan Selatan berikutnya  adalah Kelepon Martapura. Camilan  ini dikenal sebagai jajanan pasar dan sudah terkenal dengan semboyannya “Pacah di ilat” yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya pecah di lidah atau sangat enak dilidah ketika dimakan.
Jajanan ini ialah salah satu jajanan khas yang paling enak dinikmati pada sore hari sambil bersantai bersama keluarga.Camilan ini banyak dijumpai di kota Martapura yaitu tepatnya ibukota salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan.


Itulah sepuluh kuliner khas Kalimantan Selatan. Mungkin masih ada kuliner khas Kalimantan Selatan yang lainnya yang belum kami sampaikan namun jika dilain kesempatan ada informasi kuliner yang lain maka bisa kami sambung kembali. Semoga informasi ini bermamfaat terutama untuk Anda yang ingin berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel