10 kuliner Khas Kalimantan Utara Yang Enak Banget Incaran Para Wisatawan

Kuliner khas Kalimantan Utara juga tidak kalah dengan kuliner yang ada di negara-negara lain, sebab diindonesia yang mana selain kaya akan budaya, bahasa, ras, dan agama, juga kaya akan kuliner khasnya yang ada di setiap daerah diprovinsi indonesia.Sehingga tidak heran jika Setiap provinsi yang ada di indonesia mempunyai kuliner sendiri, termasuk di provinsi Kalimantan Utara ini.

Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia, walaupun tergolong masih baru, namun provinsi ini mempunyai banyak sekali kuliner khasnya yang enak dan lezat bahkan menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung kekalimantan utara tersebut.Tentu anda akan bertanya kuliner apa yang ada dikalimantan utara sehingga banyak di incar para wisatawan?
Berikut ini ada sepuluh kuliner khas Kalimantan Utara, yaitu diantanya:

1. Kepiting Soka
2. Lawa
3. Tudai
4. Tumis Kapah
5. Dodol Cempedak dan Rumput Laut
6. Nasi Udang
7. Sate Ikan Pari
8. Nasi Subut
9. Sate Temburung
10.Ikan Asin Richa


Simak penjelasannya dibawah ini:



1. Kepiting Soka


Kepiting Soka

Kuliner yang satu ini adalah kepiting soka yang tentu sangat enak.Jika anda penggemar dengan kuliner yang barbahan kepiting, maka tidak salah lagi anda harus datang ke Kalimantan Utara, mengapa? Karena disini terkenal dengan kuliner kepitingnya yaitu kepiting soka. Anda bisa menemukan kuliner yang satu ini dengan sangat mudah, yaitu cukup berkunjung ke kota Tangerang.

Kuliner ini sangat banyak penggemarnya bahwa kepiting soka ini menjadi kuliner favorit para pecinta kepiting soka. Sebab rasanya yang enak dan lezat menjadikannya sebagai kuliner yang di rekomendasikan untuk para wisatawan. Sebab rasanya yang tidak akan mengecewakan bagi siapa saja yang mencobanya.

Meskipun kuliner ini berbahan dasar Kepiting namun kuliner ini sangat rendah lemak, memiliki sumber mineral yang tinggi, protein tinggi dan juga banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk kebutuhan tubuh.Kuliner yang satu ini, lebih enaknya disajikan dengan tumis saos, bumbu akan mudah meresap karena kepiting ini memiliki kulit yang lembut sehingga dagingnya akan terasa sekali dengan bumbu-bumbunya. Jadi, tunggu apalagi, anda harus cepat mencobanya  jika tidak mau ketinggalan dengan wisatawan lain.


2. Lawa

Lawa

Kuliner khas Kalimantan Utara yaitu lawa, kuliner yang satu ini sangat terkenal, dan banyak yag suka. Lawa ini adalah kuliner khas dari sebuah kerajaan yaitu kerajangan Bulungan yang dahulu ada yang ada di Kalimantan Utara.Kuliner ini terbuat dari bahan dasar sayuran yang segar yaitu timun dan dicampur dengan rumput laut. Bahan dasar ini agar kuliner trsebut terasa lezat maka di campur dengan berbagai bumbu seperti kelapa sangrai, udang galah, udang raja, dan juga bumbu nya. Selain udang,penduduk setempat juga sering mengganti udang dengan kerang.

Tahukah anda, bahwa kuliner ini sering sekali disajikan  menu pembuka untuk sekedar mengganjal perut yang sedang lapar. Karena bahan dasarnya adalah sayur-sayur yang segar, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol dan juga tekanan darah tinggi.

3. Tudai

Tudai

Kuliner berikutnya adalah Tudai .Tudai merupakan sejenis kerang seperti kapah, dan ini juga banyak di jumpai di Kalimantan Utara tepatnya di Tanjung Selor. Tudai ini memiliki daging yang tebal dan memiliki cangkang berwarna hitam dan jingga. Untuk mendapatkan kerang ini, anda cukup berkunjung ke daerah Bulungan. Sebab di tempat ini banyak sekali tudai.

Cara memasak tudai ini cukup mudah yaitu tinggal direbus atau disajikan dengan sambal goreng. Kuliner ini biasanya ada dan disajikan di acara-acara tertentu, misalnya seperti acara pernikahan dan lain sebagainya namun anda juga bisa menjumpainya di beberapa rumah makan yang ada di daerah Tanjung Selor.


4.Tumis Kapah

Tumis Kapah

Kuliner kalimantan utara selanjutnya adalah Tumis Kapah .Sehingga Jika anda berwisata ke Kalimantan Utara, maka sempatkanlah diri anda untuk mencoba kuliner laut yang satu ini, yang mana kuliner ini sangat terkenal di Kalimantan Utara, tepatnya di Kota Tarakan. Kuliner ini sangat populer di wilayahnya sehingga dijadikan sebagai sajian kuliner khas kota tersebut.Tumis Kapah ini terbuat dari bahan dasar kapah atau kerang yang mengandung banyak sekali protein, sehingga cocok sekali dikonsumsi untuk anda yang ingin sekali memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuh.

Kuliner yang satu ini biasanya memang selalu di tumis di campur dengan beberapa bumbu yang dapat menambah kelezatannya yaitu bawang merah, bawang putih, serta tak ketinggalan penyedap rasa. Dan satu lagi ditambah dengan jeruk nipis agar tidak terlalu berbau amis. Untuk menambah kenikmatannya, anda juga bisa menikmatinya dengan segelas es kelapa muda seperti kebiasaan penduduk setempat.

5. Dodol Cempedak dan Rumput Laut

Dodol Cempedak dan Rumput Laut

Selain kuliner laut yang begitu identik dengan pedas, berkuah dan sebagainya, kali ini ada kuliner khas Kalimantan Utara yang identik dengan rasa manis, yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh yang sangat cocok yaitu dodol cempedak dan rumput laut.Di kalimantan utara, dodol ini bisa disebut dengan istilah lempok. Ini biasa dijadikan cemilan dan juga mempunyai rasa yang begitu manis.

Dodol cempedak tersebut terbuat dari bahan dasar buah cempedak yang tergolong seperti mirip dari buah nagka dan durian. Buah yang satu ini begitu manis seperti buah nangka, dan memiliki aroma yang tajam seperti buah durian.

Selain dodol cempedak,ternyata ada juga dodol yang terbuat dari bahan dasar rumput laut.Penasaran dengan bentuk dan rasanya, maka anda harus mencicipinya. Karena Dodol rumput laut ini sangat sehat bagi tubuh, sehingga cocok untuk anda yang sedang diet akan tapi tetap mengkonsumsi cemilan Anda juga dan tidak perlu cemas karena jajanan ini sehat dan tidak membuat berat badan bertambah.



6. Nasi Udang


Nasi Udang

Lagi-lagi kuliner laut yang disajikan.Kuliner ini juga masih  berbahan dasar ikan laut memang Kalimantan Utara ini tidak terlepas dari makanan lautnya yang enak dan lezat, termasuk ada udang. Salah satu kuliner khas yang berbahan dasar udang adalah nasi udangnya. Nasi udang ini merupakan kuliner yang berasal dari salah satu daerah di Kalimantan Utara yaitu kabupaten Malinau.Daerah ini dikelilingi oleh sungai yang terawat sehingga tidak heran jika banyak sekali udang yang ditemukan disungai ini.

Sehingga tidak heran lagi jika nasi udang merupakan kuliner khas kabupaten Malinau.
Cara menghidangkannya sangatlah sederhana yaitu udang di goreng sampai matang lalu angkat, setelah itu di lengkapi dengan nasi putih pulen ditambah dengan sambal pedas. Rasanya enak dan lezat, sangat rugi jika anda tidak mencoba kuliner yang satu ini saat anda berwisata ke Kalimantan Utara.

 7. Sate Ikan Pari

Sate Ikan Pari

Jika biasanya kita jumpai sate pasti itu berbahan dasar daging kambing atau daging ayam,namun tidak dengan yang satu ini yaitu terbuat dari bahan dasar ikan pari.Sate ikan pari ini juga merupakan salah satu daftar kuliner khas Kalimantan Utara. Ikan pari ini banyak di dapatkan dari sungai Sesayap yang ada di Kalimantan Utara, sehingga terkadang penduduk setempat menjadikan ikan pari sebagai menu lauk untuk pelengkap nasi subut.Cara mengolah sate ikan pari yaitu, pertama kali ikan dibersihkan terlebih dahulu dengan dipisahkan antara daging dan kulit.

Setelah itu daging ikan pari dipotong dadu dan diremdam dengan perasan air jeruk untuk menghilangkan bau amis,diamkan cukup beberapa menit saja.Setalah semua proses itu dilakukan, lalu ikan tersebut di baluri atau dicampur dengan bumbu yang telah disiapkan dan langsung di bakar. Agar rasanya lebih terasa atau lebih nikmat. Pada saat di bakar dibasahi dengan madu dan kecap manis. Setelah matang barulah sate ikan pari siap di nikmati.

8. Nasi Subut

 Nasi Subut

Kuliner berikutnya adalah Nasi Subut kuliner ini merupaka makanan khas dari Kalimantan Utara. Nasi Subut ini berbeda dengan nasi pada umunya, yaitu tidak berwarna putih melainkan berwarna ungu. Nasi Subut ini bisa anda ditemui di daerah Kabupaten Tana Tidung, karena kuliner ini adalah makanan tradisional yang berasal dari daerah tersebut.kuliner ini berbahan dasar jangung, dan warna ungu nya di dapat dari ubi jalar ungu.

Cara memasaknya, pertama nasi di tanak sampai matang, kemudian ubi dipotong dadu lalu direbus bersamaan dengan jangung. Setelah semua matang, semuanya dicampur dan diaduk dan jangan lupa untuk diberi garam serta penyedap untuk mengahsilkan rasa yang enak dan lezat.



9. Sate Temburung


Sate Temburung

Kuliner yang khas selanjutnya yaitu sate temburung. Sate ini juga salah satu kuliner khas Kalimantan Utara yang harus anda coba saat berwisata ke Kalimantan Utara. Sate ini sangat lezat dan enak, dan bahkan penduduk setempat menghidankannya saat pergantian tahun baru.

10. Ikan Asin Richa

Ikan Asin Richa

Kuliner ikan asin richa ini juga berasal dari salah satu daerah di Kalimantan Utara yaitu Tarakan. Ikan asin richa ini, bisa juga diberi nama dengan ikan asin pedas atau gami. Ikan asin yang satu ini umumnya disajikan sebagai pelengkap makanan. Dan akan terasa lebih nikmat lagi jika disajikan dengan sayur singkong dan sayur tumis dan nasi putih hangat.

Itulah sepuluh kuliner khas Kalimantan Utara, yang harus anda coba,yang mana kuliner tersebut juga tidak bisa anda temui didaerah selain dikalimantan utara.Jadi sempatkan diri anda untuk mencicipi kuliner khas kalimantan utara ketika anda sedang dalam perjalanan atau sengaja berlibur ke kota kalimantan utara.Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel