7 Kuliner Khas Sulawesi Selatan Yang Bikin Kamu Ketagihan

Sebelum membahas tetang kuliner khas sulawesi selatan,ada baiknya kita lebih dulu mengenal apa itu Sulawesi selatan? Sulawesi selatan dahulunya dikenal sebagai Celebes Yaitu sebuah pulau di Indonesia yang pulaunya membentuk seperti huruf K. Sulawesi adalah salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar, dan merupakan pulau terbesar ke 11 yang ada di dunia, pulau sulawesi adalah pulau yang terletak di sebelah timur Kalimantan, lalu pulau sulawesi juga terletak sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina.

Hanya saja di Indonesia, Pulau Papua,Kalimantan,Sumatera yang lebih besar dan luas wilayahnya, kemudian hanya Pulau Jawa dan Sumatra yang mempunyai populasi yang lebih banyak dari Sulawesi.Bentangan alam di Sulawesi mencakup empat semenanjung: Semenanjung Minahasa di bagian timur,Semenanjung utara, Semenanjung tenggara, dan Semenanjung selatan. Ada tiga teluk yang memisahkan semenanjung-semenanjung tersebut yaitu:

1.Teluk Bone diantara semenanjung selatan dan tenggara.
2.Teluk Talo diantara semenanjung timur dan tenggara.
3.Teluk Tomini diantara Semenanjung minahasa dan timur.

Coba Siapa nih, di antara kalian yang pernah berliburan ke Sulawesi Selatan? Mungkin banyak di antara kalian yang punya banyak pengalaman manis saat berkunjung ke Sulawesi Selatan. Bukan hanya adat istiadatnya saja yang begitu kental dan terkenal namun disisi lainnya,disulawesi selatan khususnya mempunyai alam yang mempesona, pantai dan biodata lautnya yang begitu indah.

Kemudian punya banyak budaya yang beaneka ragam, pasti membuat liburan kalian menjadi semakin berkesan. Bukan hanya itu ternyata sulawesi selatan juga punya banyak kuliner yang bisa kalian cicipi yang tentu saja mampu mengoyang lidah kalian dan bisa jadi kuliner tersebut akan membuat kalian ketagihan.

Sudah banyak  orang yang berkunjung ke Sulawesi Selatan hanya sekedar berlibur di Makassar saja. Akan tetapi. Di daerah Provinsi Sulawesi Selatan memang punya banyak pesona menarik yang harus  dikunjungi. Salah satu yang menjadi pesonanya yang menarik perhatian, yaitu adalah kuliner khasnya dari Sulawesi Selatan yang tentunyanya punya cita rasa yang lezat,unik dan juga sangat berbeda dengan daerah lainnya.

Ada banyak sekali kuliner khas Sulawesi Selatan yang bisa kalian cobain. Mungkin diantara kalian sudah pernah mencicipi atau mungkin hanya sekedar mendengar namanya saja.Jika sudah pernah mencicipinya maka tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan tetang kuliner khas sulawesi selatan. Berikut adalah 7 kuliner khas Sulawesi Selatan yang enak dan lezat yang mampu membuat lidah kalian bergoyang dan juga ketagihan.


1. Kapurung


KAPURUNG

Kuliner sulawesi selatan yang satu ini bernama Kapurung yang merupakan kuliner khas dari Sulawesi Selatan itu sendiri, yang terkhususnya masyarakat daerah Luwu tepatnya yang berada di Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kabupaten Luwu. Kuliner ini yaitu Kapurung di buat dari sari atau tepung sagu yang dimasak yang di campur dengan ikan atau daging ayam serta beragam macam sayuran. 

Meskipun kapurung merupakan kuliner khas namun juga termasuk makanan tradisional, dan juga Kapurung saat ini sudah mulai populer. Kuliner Kapurung tersebut bisa ditemukan di Makassar baik di tempat makan sederhana maupun restoran besar dan bersamaan dengan kuliner modern lainnya. 

Di daerah Luwu sendiri, kuliner Kapurung ini sering diberinama dengan Pugalu, namun beda lagi jika kapurung di daerah bengkulu terkenal dengan nama Papeda. Jika kalian mencoba kuliner yang satu ini pasti tidak akan menyesal deh,dan juga bisa membuat lidah kalian ketagihan.

2. Coto Makassar

COTO MAKASAR

Siapa sih yang tidak pernah mendengar nama kuliner yang satu ini? Yaitu Coto Makassar atau biasa diberi nama juga dengan nama Coto Mangkasara.Kuliner ini adalah salah satu kuliner khas dari Makassar. kuliner ini dibuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang cukup lama. Direbus dengan dicampur daging sapi tersebut yang kemudian diiris-iris lalu diberi bumbu khas sulawesi selatan.

Coto makasar atau disebut juga dengan Coto Mangkassar disajikan ke dalam sebuah mangkuk dan disantap dengan ketupat dan burasa. Sekarang ini Coto Makassar sudah semakin menyebar ke seluruh daerah yang ada di Indonesia, diantaranya tempat makan tepi jalan maupun di restoran-restoran besar dan lain-lain. Rasa dari coto makasar ini mampu membuat lidah kalian bisa ketagihan ketika telah merasakan enak dan nikmatnya coto Makassar tersebut.

3. Jalangkote

JALANGKOTE

Kuliner yang satu ini sangat mirip dengan kue pastel yng biasa kalian temui di ibu kota jakarta atau juga biasa kalian temui di daerah-daerah yang ada di indonesia,memang sekilas mirip dengan keu pastel.Hanya saja ada sedikit perbedaan yaitu bahan kulit kue Jalangkote lebih tipis lagi dari kulit pastel. 

Adapun Kulit dari kue jalangkote terbuat dari terigu, telur,mentega,santan garam dan juga bahan tambahan lainnya khas sulawesi selatan.Lalu di buat dengan di cetak tipis-tipis.Bukan  hanya kulitnya yang tipis, dari isiannya jalangkote juga sangat berbeda. Jika pastel biasanya berisi ,kacang,ikan,susu,coklat dan juga isian yang lainnya.Maka jalangkote tidak.

Pada mumnya, isian dari jalangkote hanya diberi isian berupa wortel dan kentang yang dipotong berbentuk kecil-kecil, dan juga diberi toge, atau juga so'un.Lalu Sayuran tadi yang sudah diberi  seperti bawang merah,bawang putih,merica serta bumbu khas lainnya kemudian ditumis hingga matang. 

Namun saat ini isian dari jalangkote ditambah dengan isian telur dan dan daging sapi cincang cincang. Kue Jalangkote ini lebih nikmat apabila disantap ketika akan berbuka puasa dan bisa membuat kalian bakalan ketagihan.Tapi jangan khawatir jalangkote juga bisa di nikmati untuk hari-hari kalian bersantai bersama keluarga.


4. Buras atau Burasa’


BURASA

Buras pada intinya hampir sama dengan makanan serupa seperti lontong yang terbuat dari beras. Akan tetapi dari segi bentuknya berbeda. Buras atau Burasa' pada umumnya lebih halus dan dibungkus memakai daun pisang muda kemudian disajikan kemudian diberi taburan bumbu kelapa, gula, cabai, serta garam.

Untuk saat ini makanan khas sulawesi selatan ini banyak dijual di pasar-pasar.Akan tetapi buras umumnya dihidangkan dalam acara-acara tertentu saja contohnya seperti acara syukuran ,lebaran, acara sunatan dan acara pernikahan. Buras juga sudah mulai banyak dijumpai dan hampir ada di daerah-daerah di indonesia.

5. Sop Konro

SOP KONRO

Sop juga sering kita jumpai dan juga sudah menjadi kuliner sehari-hari dilingkungan kita.Ternyata di Sulawesi Selatan juga ada sop yang harus kalian coba yaitu Sop Konro .Sop konro juga merupakan kuliner berupa sup yang diberi isian berupa iga sapi .Sop konro ini berasal dari tradisi suku Bugis dan Makassar. Kuliner ini mempunyai kuah yang berwarna coklat kehitaman dan biasanya disantap bersamaan dengan nasi putih atau juga bisa dinikmati bersamaan dengan ketupat  yang sudah dipotong-potong.

Warna kehitaman dari kuahnya berasal dari buah kluwek yang memang mempunyai warna hitam. Bumbu yang digunakan juga sangat khas. Asal mulanya, sop konro dimasak dengan kuah berbentuk sup yang kaya akan rempah-rempahnya.  Dengan perkembangan zaman saat ini ada banyak variasi mulai yang kering dan berkuah,diberi nama Konro karena dalam mengolahnya iga sapi dibakar terlebih dahulu dan diberi bumbu khas konro.


6. Pisang Epe

PISANG EPE

Kuliner yang ada di sulawesi selatan ini bernama Pisang epe .Pisang Epe ini juga menjadi salah satu kuliner  tradisional dari Sulawesi Selatan. Pisang epe adalah kuliner yang tentu saja, berbahan dasar pisang. Di indonesia sendiri pohon pisang tumbuh banyak disetiap daerah-daerah,sehingga sudah banyak sekali olahan yang menggunakan bahan dasar dari buah pisang tersebut.Salah satunya adalah olahan Pisang Epe yang ada disulawesi selatan ini.

Kuliner Pisang Epe ini dibuat dengan Pisang yang masih mentah yang kemudian dibakar lalu dibentuk pipih. Yang kemudian pisang tersebut dicampurkan dengan air gula aren. Pisang Epe sangat nikmat ketika disantap dalam keadaan masih hangat. Untuk sekarang ini,kuliner yang satu ini sangat banyak kalian temukan ketika kalian sedang  berkunjung ke Pantai Losari Makassar sulawesi selatan.

7. Mie Titi

MIE TITI

Berbicara tetang mie,maka kalian pasti ingat nya hanya mie ayam dan mie pangsit.Tapi di sulawesi selatan ada mie yang sangat berbeda dari mie lainnya yaitu Mie Titi yang merupakan kuliner sejenis mie kering dengan kuah kental dan diberi  irisan ayam,udang,cumi,hati dan jamur. Mie titi ini hampir mirip dengan ifumie, namun tetap ada perbedaan yaitu mie titi sangatlah tipis. 

Pada awalnya, nama mie titi sebenarnya bukanlah nama jenis kuliner tersebut tapi kata titi yang berasal dari nama panggilan seseorang yang menjual Mie kering di makasar tersebut dan juga sudah sangat populer sejak tahun 1970an lalu.

Cerita awalnya adalah ada seseorang yang berketurunan dari Tionghoa di bernama Ang Kho Tjao,dia adalah orang yang mempunyai resep Mei kering titi.Lalu menurunkan kuliner tersebut ke tiga anaknya yang masing-masing mempunyai nama,Awa Hengky,dan Titi.Setelah Ang Kho Tjao Wafat,maka usaha kedai nya yang meneruskan adalah tiga anaknya tersebut.

Dari tiga anaknya tersebut mempunyai kedai yang berbeda dan juga sesuai dengan namanya.Namun kedai yang cukup populer adalah kedai milik Titi,yang lokasinya ada di daerah makasar sulawesi selatan.Utuk soal rasa tentu saja Mie titi ini tidak kalah dengan mie yang lainnya,jika kalian mencicipinya pasti akan ketagihan.


Itulah 7 kuliner khas dari sulawesi selatan yang bisa membuat lidah kalian bergoyang dan ketagihan ketika mencicipinya.Jika kalian sudah pernah mencicipi kuliner khas tersebut,sudah pernah mencoba kuliner yang mana diantara 7 kuliner tersebut? Sekian yang bisa kami catat.Semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel