7 Kuliner Unik Khas Sumatera Utara, Ada Juga Spageti ala Batak Nih!

Ada Juga Spageti ala Batak Nih! Dari Sabang sampai merauke,maksutnya di ujung Aceh sampai Merauke di tanah Papua, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan agama. Berdasarkan rumpun bangsa.Indonesia terdiri atas bangsa asli pribumi yakni Mongoloid Selatan atau Austronesia dan Melanesia di mana bangsa Austronesia yang terbesar jumlahnya dan lebih banyak mendiami Indonesia bagian barat. Secara lebih spesifik, suku bangsa Jawa adalah suku bangsa terbesar dengan populasi mencapai 41,7% dari seluruh penduduk Indonesia.

Semboyan nasional Indonesia,Bhinneka tunggal ika(Berbeda-beda namun tetap satu), bermakna keberagaman sosial dan budaya yang membentuk satu kesatuan negara indonesia. Selain memiliki populasi penduduk yang padat dan wilayah yang luas, Indonesia juga memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.Jadi bisa kita bayangkan betapa kayanya negara kita tercinta.Selain jumlah penduduk yang banyak.Indonesia juga memiliki banyak ragam makanan khas dari berbagai daerah di seluruh nusantara, salah satunya adalah Sumatera Utara.

Jika kamu sering berkunjung ke daerah yang satu ini atau sedang merencanakan liburan ke sini, sebaliknya anda harus tahu makanan khas dari Sumatera Utara supaya nanti tidak bingung mau makan apa ketika sudah sampai disana.

Berikut daftar masakan yang harus anda coba ketika berada di sumatera utara!

1. Arsik

Arsik

Sekilas terlihat mirip dengan Na Niura tapi ini berbeda, berbahan utama ikan mas juga dan ditambah bumbu khas daerah tapanuli. Perbedaan dari kuliner arsik ini dengan Na Niura terletak pada proses pembuatannya, setelah ikan dicampur dengan bumbu lain lalu dimasak dengan sedikit minyak dan air setelah itu ditunggu sampai air mengering dan bumbu meresap kedalam ikan.Nah baru kemudian bisa disantap.Dari asa bumbu khasnya yang begitu meresap maka bisa membuat anda ingin terus menikmati kuliner yang satu ini.

2. Dekke Na Niura

Dekke Na Niura

Masakan berbahan utama ikan mas ini awalnya hanya di masak saat acara adat saja karena sejarahnya juga Na Niura ini dulu makanan bagi para raja-raja suku batak, tapi sekarang semua kalangan sudah bisa mencicipinya. Proses pembuatan masakan ini cukup sederhana yaitu hanya mengoleskan bumbu dan asam ke atas ikan yang sudah dibersihkan, memang agak aneh tapi rasanya nikmat dan bikin ketagihan lho!

Baca Juga:
3. Bika Ambon

Bika Ambon

Untuk kuliner yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi anda karena memang sudah dikenal di seluruh Indonesia. Bika Ambon memiliki bentuk yang unik sehingga menambah daya tarik tersendiri dan membuat penasaran seseorang disaat pertama kali melihatnya.Jika anda belum pernah menyantap makanan yang satu ini alangkah baiknya saat anda berkunjung ke Sumatera Utara khususnya kota Medan segera membelinya, karena kuliner  yang satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga anda.

4. Kue Ombus-Ombus

Kue Ombus-Ombus

Kue ombus-ombus ini adalah kue khas dari salah satu kota kecil di Sumatera Utara bernama Siborong-borong,jika baru mendengar namanya saja tentu sangat asing dan aneh, kue ini sering dijumpai saat ada pesta adat sebagai hidangan yang disantap bersama kopi. Kue ini terbuat dari tepung beras dicampur gula merah lalu dibungkus pakai daun pisang setelah itu dikukus hingga matang sempurna, kue ini begitu nikmat apalagi dimakan saat masih hangat membuat rasa khas kue ini begitu terasa.

Baca Juga: 
5. Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo

Kuliner selanjutnya adalah Dali Ni Horbo,makanan yang satu ini sangat unik karena menggunakan bahan utama susu kerbau yang dibekukan. Proses memasaknya hampir sama dengan memasak Arsik yaitu dengan mencampurkan susu yang sudah dibekukan dengan diberi bumbu khas daerah Sumatera Utara dan salah satunya yaitu andaliman.Jika sekarang anda sedang berkunjung di daerah Sumatera Utara sebaiknya anda coba dulu makanan unik yang satu ini.

6. Mie Gomak

Mie Gomak

Kuliner selanjutnya yaitu Mie Gomak.Namun bagi masyarakat Sumatera Utara Mie Gomak mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka karena mie tradisional ini banyak dijual di rumah makan di Sumatera Utara. Proses pembuatan mie yang satu ini juga cukup sederhana yaitu hanya mencampurkan mie spageti yang sudah direbus dengan bumbu khas daerah, sehingga  membuat rasa mie yang satu ini sangat berbeda. Sebaiknya anda mencoba saja langsung bagaimana rasa dari spageti orang batak ini.Supaya tidak penasaran.

7. Lappet

Lappet

Sama seperti Ombus-ombus, Lappet juga merupakan kue tradisional dari Sumatera Utara dan juga bahan untuk membuatnya juga mirip yaitu dengan bahan dasar tepung beras, kelapa dan gula merah kemudian di bungkus pakai daun pisang lalu di kukus hingga matang. Perbedaannya hanya pada bentuknya saja di karenakan campuran pada saat membuatnya Lappet menggunakan santan kelapa saja.Lappet juga sangat cocok sebagai camilan saat minum kopi dan teh bersama keluarga dan teman-teman anda, selain itu kue ini juga punya variasi rasa yang berbeda.

Baca Juga:
Jadi kuliner apa yang ingin anda coba terlebih dahulu? Nah itulah tujuh kuliner sumatera utara yang bisa anda coba,semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel