9 Kuliner Khas Kendari, Sulawesi Tenggara Yang Menggoda Selera

Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan Provinsi yang berada di Tenggara Pulau Sulawesi yang mempunyai ibukota yaitu Kendari. Sulawesi Tenggara menyimpan keindahan alam dan banayak budaya yang menawan. Disisi lainnya selain itu anda juga bisa menemukan banyak kuliner yang unik dan lezat d sulawesi tenggara tersebuti. 

Jika anda tertarik untuk berkunjung ke Kendari, Sulawesi Tenggara.Maka Jangan lupa untuk mencicipi ragam kuliner khas Sulawesi Tenggara berikut ini adalah beberapa kuliner unik dan enak khas sulawesi tenggara,kendari:

Inilah kuliner Khas Sulawesi Tenggara,Kendari


1. Sinonggi

Sinonggi

Kuliner tradisional Sulawesi Tenggara yang diberinama Sinonggi ini berasal dari Suku Tolaki kuliner yang terbuat dari sari pati sagu yang diolah bersama kuah rempah yang menghasilkan rasa gurih yang nikmat dan lezat.Masyarakat Suku Tolaki sendiri mempunyai tradisi ketika menikmati Sinonggi ini bersama-sama dan tradisi ini diberi namakan Mosonggi.Kuliner khas Sulawesi Tenggara ini pada awalnya adalah makanan pokok masyarakat Tolaki,namun sekarang suku tolaki mengkonsumsi nasi,dikarenakan kuliner tersebut sudah mulai langka.

2. Lapa-Lapa
Lapa-Lapa

Lapa-lapa merupakan kuliner khas Sulawesi Tenggara, yang berasal dari daerah Buton. Mempunyai cita rasa yang gurih, kuliner khas tradisional Sulawesi Tenggara ini sering  muncul pada saat bulan suci Ramadan.Supaya rasanya lebih nikmat maka biasanya masyarakat setempat menikmati kuliner khas  tradisional ini bersama ikan asin atau lebih dikenal dengan nama Ikan Kaholeonarore yang dibuat oleh masyarakat Sulawesi tenggara.



3. Kabuto


Kabuto

Kuliner khas Sulawesi Tenggara selanjutnya yang wajib anda  coba adalah Kabuto. Kuliner tradisional asal daerah Muda dan Buton ini berbahan dasar ubi dan singkong yang dikeringkan lalu dibiarkan sampai berjamur.Meskipun terdengar unik, dan agak sedikita aneh namun Kabuto memiliki rasa yang khas sehingga cita rasa dari kuliner tradisional asal Sulawesi Tenggara ini cukup menarik dan aneh untuk dicicipi oleh anda.

4. Kapusu

Kapusu

Kuliner khas sulawesi tenggara yang satu ini adalah sejenis bubur yang diberinama Kapusu.Kapusu merupakan bubur jagung yang diolah dengan dicampur kacang merah. Tekstur lembut yang dihasilkan dari bubur Kapusu ini memberikan pengalaman yang sangat berbeda dengan bubur lainnya,sehingga dari kuliner tradisional khas Sulawesi Tenggara ini dapat memberikan pengalaman menikmati kuliner yang nggak akan pernah bisa anda lupakan.

5. Kasoami

Kasoami

Selanjutnya kuliner tradisional Khas Sulawesi Tenggara yang diberinama Kasoami yang terbuat dari bahan dasarnya ubi. Kuliner ini sering digukana untuk melengkapi sajian makanan khas Sulawesi Tenggara lainnya, Kasoami paling cocok dinikmati bersama ikan asin.


6. Sate Gogos Pokea

Sate Gogos Pokea

Bagi anda yang doyan atau  penggemar seafood, kuliner khas Sulawesi Tenggara yang diberinama Sate gogos pokea bisa jadi pilihan kuliner anda disaat berada disulawesi tenggara. Sate gogos pokea merupakan sate yang terbuat dari  kerang. Terkadang sate ini diberi bumbu bacem manis sehingga menjadikan rasanya makin nikmat ketika disantap.

7. Ikan Dole

Ikan Dole

Kuliner khas selanjutnya ada Ikan Dole yang merupakan kuliner khas tradisional Sulawesi Tenggara bertempat didaerah Buton yang diolah dari bahan dasar Ikan Tenggiri. Cara membuatnya yaitu dengan  cara menggiling daging ikan dan dicampur dengan kelapa muda parut sebelum digoreng hingga berwarna kecokelatan.

Kuliner  khas Buton ini paling nikmat disantap bersama kuliner khas Sulawesi Tenggara lainnya seperti sate gogos dan lapa-lapa. Jika anda berkunjung ke acara hajatan penduduk setempat, kuliner khas Buton ini juga selalu dijumpai di acar tersebut.



8. Karasi


Karasi

Kuliner selanjutnya adalah berupa Kue yang sangat khas di Sulawesi Tenggara.Kue yang satu ini memang cukup terkenal di berbagai daerah nusatara lain hanya saja diberi nama yang berbeda seperti kue rambut atau roti jala. Kue Karasi ini memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang begitu renyah yang dapat menggoda. Walaupun terlihat sederhana, ternyata proses pengolahan kuliner khas sulawesi tenggara yang satu ini cukup rumit,sehingga dibutuhkan keahlian yang khusus

9. Jus Patikala

Jus Patikala

Jika anda sudah terlalu banyak makan kuliner khas sulawesi tenggara,maka sudah saatnya anda  saatnya anda menikmati minuman khas Sulawesi Tenggara untuk melepas dahaga dan juga bisa menambah kenikmtan untuk selera makan. Minuman herbal ini berasal dari  daerah Kolaka.Minuman ini merupakan olahan dari buah patikala yang mempunyai rasa yang kecut.

Selain menyegarkan dan bisa menghilangkan dahaga ,ternyata minuman ini juga memiliki manfaat bisa menurunkan kolesterol dan juga berat badan sjadi sangat cocok sekali untuk anda yang sedang menjalankan diet.

Itulah beberapa kuliner khas Sulawesi Tenggara yang sayang untuk dilewatkan jika anda berkesempatan berwisatawan ke Kota Kendari dan sekitarnya.Maka jadikanlah perjalanan anda  menjadi pengalaman yang indah dan menarik.Mungkin itu yang dapat kami rangkum seputar kuliner khas sulawesi tenggara.Semoga informasi ini bisa menjadi manfaat buat anda semua yang membaca.Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel