Kuliner Khas Sulawesi Utara,Manado Punya

Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota terletak di kota Manado yang sering disebut dengan singkatan Sulut. Sulawesi Utara ini berdekatan atau berbatasan dengan Laut Maluku dan Samudera Pasifik yang terletak di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah selatan, Lautan Sulawesi dan provinsi Gorontalo di sebelah barat, dan provinsi Davao del Sur (Filipina) di sebelah utaranya.

Sulawesi utara juga mempunyai banyak tempat wisata alam,budaya,yaitu termasuk tarian yang ada di sulawesi utara diantaranya: Tari Maengket,Tari Tempurung,Tari Kartili,Tari Kabasaran,Tari Tatengesan,Tari Mane’e,Tari Gunde dan juga Tari Lenso,semua itu budaya dari sulawesi utara,untuk dibidang kuliner sendiri mari kita simak informasi dibawah ini.


1. Klapatart


Klapatart

Kuliner khas sulawesi utara yang sudah menjadi bagian dari daerah sulawesi utara yaitu Kue Klapatart  yang juga sering ditulis Klappertaart .Klapatart yang diperpadu dengan bahasa Belanda, kue klapatart ini adalah modifikasi dengan perpaduan cita rasa barat dan bahan tradisional di Bumi Nyiur Melambai yaitu kelapa.  

Kuliner Kue klapatart ini menjadi hidangan yang  wajib di hidangkan setiap perayaan-perayaan atau acara besar besar di Sulawesi utara. Sekarang ini kue Klapatart juga bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Manado bahkan para wisatawan domestik dan mancanegara sekalipun menjadikan kue ini sebagai hadiah yang istimewa.

2. Tinutuan atau Bubur Manado

Tinutuan

Tinutuan merupakan kuliner khas sulawesi utara yang juga sangat dikenal  dengan sebutan Bubur Manad. Di hampir semua tempat dapat  menemukan kuliner yang satu ini. Bahkan ada juga di pusat keramaianjuga terdapat tempat yang dikhususkan untuk menjual tinutuan atau bubur manado. Sebab, tinutuan dapat dikatakan juga menjadi bagian dari tradisi memasak di daerah nyiur melambai. 

Jika anda sedang mengunjungi tempat-tempat wisata di Manado dan ingin menikmati enaknya bubur Manado, maka anda dapat bersinggah ke jalan Wakeke yang merupakan salah satu pusat penjualan bubur manado atau tinutuan.



3. Nasi jaha


Nasi jaha

Kuliner khas sulawesi utara selanjutnya adalah Nasi jaha kuliner ini juga merupakan salah satu kuliner  khasnya Sulawesi Utara yang dibuat dari bahan dasar beras ketan dan santan kelapa, untuk memasaknya juga sangat unik dan sangat berbeda dengan masakan lainnya,yaitu terlebih dalusebelum dimasak,semua bahan yang sudah jadi dimasukkan kedalam bambu yang kemudian dibakar. Nasi jaha juga bisadijadikan  ole-ole .Nasi jaha juga selalu dihidangkan saat pesta besar pernikahan dan lainnya.



4. Saut


sayur Saut

Kuliner selanjutnya adalah Saut yang merupakan sayuran yang berasal dari batang pisang muda yaitu batang pisang yang paling dalam setelah pelepahnya dikeluarkan atau dibuang. Kemudian dipotong kecil-kecil lalu diberi bumbui. Kuliner yang satu ini juga selalu menjadi makanan khas di setiap kali pesta atau di acara pernikanan dan juga acara sunatan di gelar di daerah Minahasa.Sehingga tidak heran saut juga menjadi hidangan favorit didaerah sulawesi utara.

5. Tinoransak

Tinoransak

Kuliner khas sulawesi utara selanjutnya adalah Tinoransak yang juga merupakan makanan tradisional dengan bahan utama dari daging babi. Cara pembuatannya yaitu daging babi, kemudian darah babi dan sayuran sebagai pelengkapnya kemudian dimasukkan atau dicampur kedalam bambu kemudian dibakar seperti proses memasak nasi jaha.

Namun untuk kuliner yang satu ini sangat wajib dan juga perlu diperhatikan bagi muslim untuk tidak mencoba ingin mencicipi atau menikmatinya karena  Tinoransak ini berbahan dasar daging babi.


Itulah beberapa keterangan tentang kuliner yang khas di sulawesi utara,jadi bagi anda yang sedang berlibur atau karena sedang bersilatuurohim ketempat saudara maka anda bisa mencoba kuliner-kuliner yang ada didaerah sulawesi utara,sekian dan terimaksih,semoga artkel ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel