Resep Nasi Ayam Hainan ( Hainan Chicken Rice)

Sebelum memasak dimulai,sebaiknya anda bisa memperhatikan sedikit penjelasan dari asal usul nasi ayam hainan ini.Hainan adalah salah satu nama wilayah yang ada di China,nah ditempat tersebut ada satu jenis ayam yang disebut Wencang Chi,’’ Ini kata Chef Jhon Chu,ketika ditemui di kawasan kuningan jakarta,yang belum lama ini.Kemudian Chef Jhon juga menuturkan,ayam hainan mempunyai keunggulan pada dagingnya karena ayam ini mendapat pakan yang sangat berbeda dengan ayam yang lainnya dan juga ayam hainan ini diberi minum dengan air hangat.

nasi ayam hainan

Ayam hainan ini juga tidak terlalu banyak bergerak sehingga menjadikan dagingnya menjadi tebal.Dengan seiring perkembangan zaman,perlahan-lahan olahan ayam hainan ini dibawa keluar dari daratan China yaitu menuju singapura. Sebenarnya hainan sudah sejak lama ada, jauh sebelum masehi,kemudian dibawa kesingapura.Sehingga jadilah nasi ayam Hainan.Namun di singapura ayam yang digunakan berbeda yaitu dengan kulit yang lebih crispy,kemudian berwarna kuning bebernya.

Setelah dibawa kesingapura maka nasi hainan ini semakin dikenal oleh masyarakat Eropa dan hampir di seluruh Asia,termasuk di indonesia dan juga di malaysia.Kemudian ditegaskan lagi oleh Chef Jhon bahwa nasi Hainan justru lebih populer dinegri singapura ketimbang di negeri asalany yaitu China.
Nah itulah sedikit penjelasan tentang nasi Hainan .Sekarang yuk langsung saja kita peraktekan ,bagaimana cara membuat nasi Hainan.

Di resep ini saya tidak bisa menakar bahan,ya asalcemplung,jadi silahkan nanti disesuaikan sendiri ya.Adapun ayam di gunakan anda bisa memilih dada ayam kampung,namun jika tidak ada juga boleh pakai ayam broiler.

Siapkan bahan-bahannya
  • Beras putih,di cuci sampai bersih
  • Daun bawang prei,rajang dan sisihkan gunakan 2 batang utuh
  • Bawang merah.Agak dibanyakin
  • Bawang putih semua bawangnya di cincang sisain 2 siung lalu di geprek
  • Sereh satu batang digeprek
  • Minyak untuk menumis
  • Lada
  • Garam
  • Minyak wijen
  • Bumbu pelengkapnya:
  • Kecap asin dengan diberi irisan cabe rawit
  • Telur rebus
Cara membuatnya:
  1. Ambil bagian lemak ayam lalu sisihkan
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum,lalu masukkan jahe
  3. Kemudian masukkan lemak ayam,tumis sampai minyak lemaknya keluar
  4. Tambahkan air.agak dibanyakin ya,karena air tersebut akan digunakan untuk kuah kaldu dan juga untuk bahan menanak nasi.
  5. Masukkan lada,garam,lalu dicicipi,boleh agak asin karena akan digunakan untuk menanak nasi agar lezat
  6. Masukkan ayamnya,aduk-aduk agar tercampur merata dan tunggu hingga setengah matang,jangan terlalu matang ya.
  7. Saring minyak dan buih yang muncul
  8. Setelah disaring maka ,selanjutnya ambil kaldunya dan tuangkan pada panci rice cooker yang telah diisi beras yang sudah dicuci bersih.Untuk memasaknya sama seperti memasak nasi biasanya.
  9. Tumpuk ayam dan bumbu-bumbu di atas nasi tersebut seperti daun bawang,sereh,bawang putih geprek dan sereh diatasnya nasi atau beras.Untuk takaran airnya sama seperti untuk masak nasi pada umunya.
  10. Setelah dirasa sudah cukup matang,ingat jangan langsung di buka,tunggu kurang lebihnya 10 menitan ya,agar dagingnya tambah empuk.
  11. Sajikan nasi dengan car di cetak menggunakan mangkuk kecil,lalu iris-iris daging ayam,dan nikmati bersamaan dengan kuah kaldu yang diberi taburan daun bawang,dan juga telur rebus dan kecap asin rawit.
Selamat mencoba semoga dengan resep ini selera makan anda menjadi bertambah,semoga bermanfaat.

Baca Juga: 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel