5 kuliner Asli Jawa Barat Yang Enak

Sebelum kita membahas tetang kuliner maka alangkah baiknya terlebih dahulu kita agar mengetahui sedikit penjelasan tetang daerah atau Provinsi yang ada di jawa barat. Menurut Wikipedia,Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak di antara 5º50'- 7º50' Lintang Selatan dan 104º 48'- 108º 48' Bujur Timur, dengan luas wilayah daratan 3.710.061,32 hektar. Jumlah penduduknya menurut sensus pada saat tahun 2011 mencapai 46.497.175 jiwa.Jumlah yang cukup banyak tentunya.

Menurut administratif dimulai pada tahun 2008, kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat yaitu mecapai jumlah 26 kabupaten/kota terdiri atas 17 kabupaten dan 9 kota dengan 625 kecamatan dan 5.877 desa/kelurahan. Jawa Barat terbagi pada 4 Badan Koordinasi Pemerintahan Pembangunan (Bakor PP)Wilayah, sebagai berikut wilayah I Bogor meliputi Kab.Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. sukabumi, Kota sukabumi dan Kab. Cianjur.

Wilayah II Purwakarta meliputi Kab. Purwakarta, Kab. Subang, Kab. Karawang, Kab. Bekasi, dan Kota Bekasi. Wilayah III Cirebon meliputi Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Majalengka, dan Kab. Kuningan. Wilayah IV Priangan meliputi Kab. Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat, Kab. Sumedang, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, dan Kota Banjar.

Dari masing-masing wilayah tentu saja banyak menyimpan kekayaan alam baik yang sudah diketahui atau belum diketahui.Adapun yang udah diketahui dari banyknya kekayaan alam yang ada didaerah jawa barat tentu saja dari segi kulinernya.Ditema ini kita akan sedikit menjelaskan tentang beberapa kuliner yang enak tentu semua itu ada dijawa barat.Jika anda penasaran langsung saja kita simak penjelasan dibawah ini.

1. Kupat Tahu

Kupat Tahu

Pada jaman dulu penduduk Sunda terbiasa menyantap Doclang sebagai menu sarapannya, maka saat ini kebanyakan dari penduduk sunda menggantinya dengan Kupat Tahu. Kupat Tahu juga sangat mirip seperti Doclang yang menyatukan lontong atau ketupat dengan bahan – bahan yang lainnya. Kupat Tahu sendiri tergolong makanan berat, mengapa bisa demikian ? karena bahannya terdiri dari lontong yang mana lontong juga termasuk makanan berat dan beberapa menu lengkap seperti irisan tahu goreng, toge rebus dan bumbu siram kacang.

Kupat Tahu mempunyai cita rasa yang disesuaikan dengan selera orang yang menikmatinya. Jika ingin terasa manis, bisa diberi tambahan kecap, akan tetapi jika ingin rasanya pedas cukup ditambahkan sambal. Didaerah kota Bandung,sangat banyak pejual – penjual Kupat Tahu dengan cara berjualan keliling atau mangkal.

Perlu anda diketahui, tahu yang dipakai untuk membuat Kupat Tahu harus memakai tahu kuning yang agak lembek dan harus digoreng setengah matang terlebih dahulu agar rasanya tambah enak dan nikmat.


2. Doclang


Doclang

Nahhh kuliner Khas Sunda yang satu ini tentu kalian belum mengenal lebih jelas,kuliner ini memang dari namanya saj sudah sangat asing dan unik,apa sih kuliner khas sunda tersebut,kuliner ini diberi nama Doclang Sahabat. Doclang merupakan kuliner Khas Sunda yang saat ini sudah turun pamor Sahabat, akibatnya kurangnya sosialisasi dan serbuan menu instan dari luar Indonesia sehingga kuliner ini jarang kita jumpai,Itu sebabnya kenapa kuliner ini banyak yang tidak mengenalnya.

Pada masa dulu Doclang banyak dijual keliling di rumah – rumah. Doclang biasanya dijadikan sebagai menu makanan pagi atau makanan malam. Dan kuliner ini jika diperhatikan sangat mirip dengan kupat tahu, untuk soal rasa Doclang sangat juara.Doclang sendiri merupakan kuliner yang mencampurkan pesor atau lontong berukuran besar yang dibungkus pakai daun pata dari irisan kentang yang sudah direbus. Lalu diberi campuran tahu goreng, telur rebus dan kerupuk.

Setelah semua bahan telah tercampur dalam satu wadah, setelah ituh disiram dengan bumbu kacang yang dimana bumbu ini mempunyai cita rasa yang pedas, ada rasa manis dan gurih.Kuliner  Doclang bukan  hanya dinikmati dengan kerupuk tapi bisa juga dengan emping melinjo dan lainnya.


3. Baso Tahu


Baso Tahu

Di kawasan bandung ada salah satu kuliner Khas yang sangat disukai oleh banyak orang. Yang menyukai kuliner ini mulai dari anak – anak, para pemuda, bahkan kebanyakan orang tua. Kuliner tersebut yaitu Baso Tahu yang mana kuliner ini terbuat dari ikan yang digiling, dibumbui dan kemudian ikan yang sudah digiling tersebut di masukkan ke dalam tahu. Dan orang bandung ini menyebutnya dengan Baso Tahu namun jika di daerah lain kuliner ini dikenal dengan nama siomay.

Baso Tahu atau siomay adalah tahu yang berisikan adonan ikan dan telur yang bisa dihidangkan dengan siomay, kol rebus, kentang rebus, telur rebus dan pare setelah itu disiram dengan bumbu kacang yang rasanya pedas. Cita rasa yang pedas dihasilkan dari bumbu kacang yang sudah diracik memakai bumbu yang khas. Jika siomay didapatkan dari cita rasa sambal atau saus, Baso Tahu tidak perlu ditambahi sambal karena bumbu kacangnya saja sudah enak banget dan juga sangat pedas.


4. Asinan Bogor


Asinan Bogor

Perlu anda ketahui bahwa di Indonesia ini ada dua jenis asinan yang terkenal. Yaitu, asinan betawi dan asinan bogor. Dan kedua asinan ini tentu saja mempunyai perbedaan dari segi bahan dan sajiannya. Ulasan ini kita akan membahas Asinan yang berasal dari Bogor. Asinan Bogor dibagi menjadi 3 macam ya, yaitu Asinan Sayur, Asinan Buah dan Asinan Campur. Adapun asinan buah ini biasanya yang paling banyak digemari kebanyakan orang.

Adapun buah yang biasa digunakan untuk dibuat asinan adalah mangga muda, papaya, nanas, kedondong, jambu dan bengkoang.Adapun Asinan Sayuran terbuat dari beberapa campuran yaitu metimun, kol, sawi asin, daun antanan, toge, wortel, dan tahu. Dan Asinan yang terakhir ialah Asinan Campur, sudah kita lihat ya Sahabat sesuai namanya, Asinan Campur memakai kombinasi antara buah dan sayur. Kuah yang biasa dipakai untuk semua jenis asinan tidaklah berbeda.

Kuah Asinan ini terbuat dari campuran gula, garam, cabai, kacang tanah dan ebi goreng. Yang menjadikan sebagai kuliner Khas Sunda ini menjadi favorit banyak orang di karnakan cita rasa kuah yang menyegarkan.Bukan hanya itu Asinan campur juga bisa untuk oleh-oleh keluarga dirumah.


5. Soto Mie


 Soto Mie

Soto Mie ini adalh kuliner yang tidak kalah enak dengan kuliner yang lainnya.Karena kuliner ini adalah kuliner yang tidak hanya dikenal didaerah Jawa Barat saja, tetapi juga dikenal di Provinsi-Provinsi lain didataran tanah Jawa. Selain di Indonesia, ternyata Soto Mie ini sudah dikenal sampai Malaysia dan Singapura lho.Wah sangat luar biasa ya. Kuliner Khas Sunda ini yang berjenis kuah-kuahan ini memakai bahan dasar mie yang terbuat dari tepung terigu, garam dan telur.

 Ada banyak varian dari Soto Mie ini, namun yang paling dikenal di Indonesia adalah Soto Mie yang berasal dari Tanah Bogor Jawa Barat dan Jakarta ya.Cara penyajian dari soto mie ini yaitu Soto Mie ini dihidangkan bersama kombinasi bahan lain seperti daging ayam, daging sapi atau jeroan sapi seperti contohnya babat, urat dan kaki sapi.

Selain ada mie kuning dan bahan lainnya, Soto Mie juga banyak dihidangkan dengan irisan kentang rebus, telur ayam, kacang, tomat dan toge. Kuah kaldu dari Soto Mie ini sangat enak jika dinikmati bersamaan dengan nasi hangat, bawang goreng, sambal, jeruk nipis, kecap manis, cuka dan emping.

Demikianlah 5 daftar kuliner Khas Sunda yang terdiri dari makanan berat hingga makanan ringan. melihat daftar kuliner yang ada tentu saja terdapat banyak perbedaan yang mencolok antara kuliner Khas Sunda dan kuliner daerah lainnya.Jika anda penasaran dengan rasa dari kuliner khas sunda anda juga bisa langsung datang kedaerah asalnya sekaligus berwisata.Semoga ulasan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel