5 Kuliner Khas Sunda Yang Mampu Menggugah Selera

Sahabatku semuanya disini saya akan menjelaskan kuliner Khas dari suku yang terletak di Jawa Barat,yaitu Suku Sunda. Perlu diketahui Sahabatku semuanya Sunda merupakan satu Suku atau Kelompok Etnis yang terletak dibagian barat pulau Jawa,Indonesia. Dijawa barat sendiri juga sangat banyak aneka ragam budaya,adat istiadat.Itulah hebatnya negara kita yaitu indonesia.

Berbicara tentang kuliner Khas Suku Sunda ini, sudah pasti sahabat semuanya pasti langsung berfikir tentang rasa yang manis. Padahal, Kuliner yang berasal dari Tanah Sunda ini tidak hanya dikuasai oleh cita rasa yang manis saja , akan tetapi, juga ada cita rasa lain seperti Gurih Asin, Asam Segar dan Pedas yang mampu memanjakan lidah sobat semuanya.

Kuliner Khas Sunda ternyata sudah mempunyai banyak penggemar di seluruh Indonesia,bahkan diluar indonesia terutama untuk penduduk yang tinggal di Pulau Jawa. Kebanyakan Kuliner yang berasal dari Tanah Sunda terbuat dari bahan dasar sayuran lho. Jika Sahabat semuanya penasaran dan ingin mengetahui kuliner apa saja yang ada di pulau sunda.Yukkk kita lihat berasama di Artikel yang ada dibawah ini.


1. Nasi Timbel


 Nasi Timbel

Kuliner khas sunda yang pertama yang kita bahas ialah Nasi Timbel. Nasi Timbel termasuk makanan yang di Kenal di Tanah Air ini. Tapi taukah Sahabat semuanya dari manakah Nasi Timbel itu berasal? Nasi Timbel ialah kuliner khas Sunda yang mempunyai cita rasa yang enak dan lezat Sahabat, Nasi Timbel mempunyai banyak macam varian sehingga banyak orang yang kadang bingung ingin mencoba Nasi Timbel yang model apa.

Pada awalnya Nasi Timbel ini merupakan hidangan yang disiapkan untuk para petani untuk dinikmati disaat beristirahat. Tetapi perlu sahabat ketahui, sekarang Nasi Timbel disajikan untuk semua orang. Penyajian pada ikon dari masakan Sunda ini biasanya diletakkan didalam Daun Pisang. Di warung-warung makan,akan tetapi Nasi Timbel disajikan menggunakan wadah pada umumnya seperti piring.

Ada banyak lauk yang disajikan dalam Nasi Timbel yang pulen tersebut Antara lain seperti ikan asin, pepes ikan, ampela, ayam goreng, tawes dan ikan japuh. Tidak lupa juga untuk menambah kesedapan saat menikmati Nasi Timbel ini ditambahkan juga lalapan serta sambal untuk menambah nilai tradisional khas sunda. Selamat mencoba ya sahabat.


2. Nasi Liwet


Nasi Liwet

Kuliner khas sunda yang lainnya adalah Nasi Liwet. Selain Nasi Timbel, Suku Sunda juga punya kuliner Khas yang populer di berbagai Kota-Kota di Indonesia.kuliner tersebut adalah Nasi Liwet yang sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita.Bahkan untuk soal rasa juga selalu nempel di lidah Masyarakat Indonesia.Nasi Liwet mempunyai dua varian rasa. Varian rasa yang pertama berasal dari Solo, sedangkan varian yang ke dua adalah berasal dari Sunda.

Ada perbedaaan dari kedua Nasi Liwet. Di Solo Sendiri, Nasi Liwet dibuat dengan santan dan dihidangkan bersama labu siam yang dimasak dengan santan. Sedangkan di Sunda ketika memasaknya tidak memakai santan.Nasi Liwet Khas Sunda ini mempunyai cita rasa yang gurih Sahabat walaupun tidak memakai santan saat memasaknya.

Rasa gurih yang dimiliki oleh Nasi Liwet diperoleh dari hasil penggunaan bumbu-bumbu rempah Khas sunda contonya seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi dan daun salam.Nasi Liwet biasanya dinikamti bersama ikan asin sebagai lauk pelengkapnya. Sebagian orang juga menyantap Nasi Liwet dengan sayur asem, ikan bagar ataupun gorengan tahu tempe dan sejenisnya.


3. Nasi Tutug Oncom


Nasi Tutug Oncom

Kuliner Khas Sunda Asli adalah Nasi Tutug Oncom. Dari namanya saja Kuliner yang satu ini membuat penasaran, oke langsung saja kita simak penjelasan kuliner yang satu ini.Kuliner Khas Sunda yang satu ini sudah pasti mempunyai rasa yang khas dan juga tradisional. Nasi Tutuk Oncom atau orang Sunda bilang dengan nama Sangu Tutug Oncom, yang disingkat dengan T.O, ialah sajian Nasi yang diaduk dengan oncom yang sudah digoreng atau oncom bakar juga bisa. Nasi Tutuk Oncom paling enak apabila dihidangkan dalam keadaan hangat.

Di Jakarta dan Kota-Kota lain, ada cukup banyak warung makan khusus menyajikan Nasi Tutuk Oncom ini sahabat semua dan banyak berbagai macam variasi lauk pauknya.Nasi Tutuk Oncom ini sebenarnya adalah makanan Khas Tasikmalaya. Kuliner ini dinamakan dengan nama tutug karena dalam bahasa Sunda mempunyai arti menumbuk Sahabat. Jadi proses mengaduk dan menumbuk Nasi dengan Oncom bisa disajikan bersama dengan lauk pendamping seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur dan sambal terasi yang begitu enak dan nikmat.


4. Karedok


Karedok

Karedok juga merupakan kuliner khas Sunda, pasti sudah tidak asing lagi yang terdengar ditelinga kita, Yuk langsung saja kita simak penjelasannya.Di Jakarta sendiri sangat banyak sekali penjual karedok Sahabat. Sehingga banyak orang mengira bahwa kuliner tersebut adalah kuliner Khas Betawi, padahal bukan sahabat. Keredok adalah kuliner Khas Sunda yang mempunyai kemiripan atau hampir sama dengan gado-gado lho. Keredok disajikan berbagai banyak sayuran dan dilengkapi dengan sambal kacang tanah dengan kepedasan yang bisa menggugah selera.Namun tingkat kepedasannya juga tentu saja tergantung minat para pembeli.

Sayuran – sayuran yang digunakan sebagai campuran Keredok cukup beragam Sahabat, seperti timun, toge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya.Tentu saja ada perbedaan antara gado-gado dengan Keredok. Keredok itu perlu sahabat ketahui ya,kalo karedok memakai sayuran yang masih mentah.

Di Sunda, Orang juga menyebut Keredok dengan nama Lotek Atah yang berarti Lotek Mentah. Keredok paling enak dinimati bersama dengan nasi panas, tempe, tahu dan kerupuk ya Sahabat.Sedangkan Gado-gado memakai sayuran yang sudah matang.Nah itulah sedikit perbedaan antara karedok dengan Gado-gado.


5. Lotek


Lotek

Kuliner Khas Sunda selanjutnya adalah Lotek. Lotek dan Keredok adalah kuliner khas Sunda yang juga mirip dengan gado-gado yang biasa dipasarkan dijakarta. Tetapi  jika berdasarkan tampilan dan bahan pembuatannya, Lotek lebih cenderung hampir mirip dengan pecel Khas Jawa. Di Sunda, Lotek menjadi hidangan yang sangat digemari banyak orang. Kalau Sahabat semuanya sedang berwisata ke Jawa Barat, jangan sampai lupakan hidangan yang satu ini untuk mencobanya.

Makanan Lotek juga menggunakan sayur mayur yang tak jauh berbeda dengan gado-gado,seperti ada sayur kangkung, kembang kol dan toge. Sayur mayur yang sudah dicacah kemudian akan disiram dengan bumbu kacang yang ditambahkan dengan kentang rebus yang sudah dihancurkan dan diberi kencur sehingga membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Lotek biasanya dihidangkan bersama potongan lontong dan diberi toping pelengkap yaitu kerupuk udang.

Itulah 5 kuliner khas sunda yang perlu sahabat ketahui dan juga perlu sahabat coba.Jadi bagi sahabat semuanya jangan sampai lewatkan kulner-kuliner tersebut ketika sedang berwisata ke jawa barat,semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel