5 Makanan Sunda Jawa Barat Yang Nagihin

Jawa Barat merupakan salah satu Provinsi yang terkenal dengan Kebudayaannya yaitu daerah Sunda, di daerah sunda jawa barat merupakan salah satu kebudayaan unik yang bisa menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia.Bagi para sahabat semuanya, sangat penting untuk diketah sesuatu tentang Jawa Barat yang pastinya nama provinsi ini telah akrab ditelinga para sahabat semuanya. 

Para sahabat semmuanya kalian jangan ngaku orang Jawa kalau belum mengenal lebih dekat dan lebih detail dengan Wilayah Jawa Barat. Nah, inilah informasi tentang deskripsi lengkap tentang Jawa Barat yang akan sangat membantu para sahabat sekalian untuk lebih mengenal tentang Jawa Barat.

Secara Geografis Provinsi Jawa Barat merupakan satu dari ketiga bagian provinsi Jawa yang sebelah utaranya berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timurnya dengan Jawa Tengah, sebelah selatannya dengan Samudera Hindia dan sebelah baratnya dengan DKI Jakarta. Kawasan yang menghampar luas daerah pantai utara adalah dataran rendah dan bagian tengahnya ialah wilayah pegunungan yaitu serangkaian pegunungan dari barat sampai timur dari pula Jawa.

 Puncak tertinggi yaitu  gunung Ciremay yang terletak dikawasan barat daya pada kota Cirebon. Sedangkan sungai yang begitu sangat penting adalah sungai Citarum yang mana sungai Citarum yang bermuaranya di laut Jawa.

Adapun tentang tempat wisatanya juga tidak diragukan lagi dengan adanya keindahan alam yang membentang luas.Bukan hanya dari segi wisata alamnya,ternyata jawa barat juga memiliki banyak ragam kuliner atau makanan yang mampu membuta siapa saja ketagihan.Tentu para sahabat semua penasaran,apa saja makanan yang membuat orang ketagihan untuk mencobanya kembali.Langsung saja kita simak ulasan dibawah ini.

5 Makanan Sunda Jawa Barat Yang Nagihin

1. Laksa Bogor

 Laksa Bogor

Makanan Khas Sunda yang enak dan bisa nagihin adalah Laksa Bogor Sahabat. Laksa adalah makanan yang begitu dikenal di Kawasan Asia, termasuk di Indonesia .Di mana cukup terkenalnya adalah salah satu Laksa dari daerah Bogor Jawa Barat. Laksa Bogor dari segi tampilan mirip dengan laksa lainnya.Hanya saja perbedaanya adalah, Laksa Bogor menyajikan dengan mie dan bersama dengan oncom sehingga dapat memberi cita rasa Khas Sunda.Lain dari itu laksa bogor juga diperkaya dengan bumbu rempah pilihan yang dapat menambah kelezatan laksa tersebut yaitu dari kuah kuningnya.

Warna kuning dari kuanya dipengaruhi oleh pengaruh dari kunyit yang digunakan. Selain kunyit ada bahan yang digunakan juga seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada dan kemiri. Adapun cita rasa yang membuat gurih dari laksa bogor ini karena kuahnya ditambahkan santan dan kaldu ayam.Kuah kaldu tersebut juga diberi tambahan Oncom. Jika kuah yang sudah dicampur oncom ini maka sudah siap untuk dihidangkan dengan cara menyiramkan ke piring berisi bihun, toge, suwiran, ayam, rebusan telur dan juga diberi daun kemangi.

2. Mie Kocok

Mie Kocok

Makanan Khas Sunda yang tidak kalah enak dengan makanan lainnya yaitu Mie Kocok, sepertinya Mie Kocok ini sangat menarik makanan yang satu ini,karena dari namanya saja sudah agak nyeleneh yaitu Mie Kocok, yuk kita simak ulasannya. Mie Kocok ini termasuk makanan Khas Sunda. Mie Kocok juga menggunakan bahan dasar mie kuning yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu sapi.

Makanan ini banyak dijumpai di kawasan Kota Bandung, Mie Kocok pada umumnya disajikan bersama toge yang telah direbus, bakso,irisan kikil, jeruk nipis, taburan daun selerdi, daun bawang dan ada juga bawang goreng. Selain bahan-bahan yang disebutkan tadi,kebanyakan orang juga menikmati Mie Kocok ini menambahkan babat sapi untuk menambahkan sensasi selera makan mereka.

Kenapa makanan ini diberi nama Mie Kocok,karena pada proses memasaknya ialah dengan mengocok-ngocok mie ketika di dalam wadah khusus sambil dicelupkan ke dalam air panas. Mie Kuning yang pakai juga mempunyai ukuran yang pipih dengan tekstur yang begitu lebut. Agar menyantap mie kocok menjadi lebih istimewa,kebanyakan dari mereka memberi kecap manis dan sambal pada kaldu kuahnya. Mie Kocok saat ini sudah mempunyai banyak variasi dalam penyajiannya, yaitu diberi tambahan bahan makanan tertentu seperti ceker ayam dan daging sapi.

3. Soto Bandung

Soto Bandung

Perlu kita ketahui bersama Bandung merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang tergolong ke dalam daerah Sunda. Bandung mempunyai kuliner Khas yang begitu terkenal ,salah satunya adalah Soto Bandung. Bagi mereka yang sering mengunjungi kota kembang tersebut,maka pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini yaitu Soto bandung .Soto Bandung ialah makanan Khas Bandung yang mana secara tampilan mirip dengan soto-soto di Daerah lain yang ada di Indonesia. Namun dari segi bahan yang digunakan, tetap mempunyai perbedaan antara Soto Bandung dengan Soto-soto lainnya.

Perbedaannya bisa dilihat dari bahan yang satu ini yaitu Soto Bandung menggunakan bahan utama irisan daging sapi. Adapun Bumbu yang dipakai untuk membuat Soto Bandung antara lain jahe, lengkuas, serai, gula, garam dan bumbu halus contohnya seperti bawang merah, bawang putih dan merica bubuk. Penyajian Soto Bandung ini biasanya disajikan di dalam mangkuk dengan diberi tambahan bahan pelengkap seperti irisan lobak yang sudah direbus, daun seledri, daun bawang, kacang kedelai goreng dan bawang goreng. Bukan hanya itu saja, orang-orang juga sering menambahkan sambal, jeruk nipis dan kecap agar rasanya lebih enak dan tentunya mantap ketika dinikmati.

4. Sate Manggarai

Sate Manggarai

Makan yang juga tidak kalah enaknya adalah Sate Manggarai.Sate Manggarai ini berasal dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Sate Manggarai juga sangat berbeda pada bahan bumbu yang digunakan .Adapun bahan dasar hampir sama dengan sate lainnya yaitu daging kambing dan daging sapi sebagai bahan utamanya. Selai di Purwakarta, Sate Manggarai juga banyak dijual di Daerah dan sekitarnya sehingga sampai ke Kawasan Cianjur. Hampir disetiap sudut kota Purwakarta terdapat warung atau penjual yang menjula Sate Manggarai ini dengan cara berkeliling ataupun mangkal.

Adapun cara pengolahan Sate Manggarai di proses dengan cara merendam daging kedalam bumbu sebelum ditusuk dan dibakar. Karena daging sudah dibumbui sebelumnya maka Sate Manggarai tak perlu hidangkan bersama saus pendamping. Meskipun tanpa saus, cita rasa sate sudah bersa ketika dinikmati karena perpaduan bumbu rendamannya. Sementara untuk penyajian Sate Manggarai ini bisa disantap bersama irisan bawang dan tomat segar.

5. Empal Gentong

Empal Gentong

Makan yang juga tidsk kalah enak dan nagihin adalah Empal Gentong .Empal Gentong sangat berbeda dengan empal gepuk. Persamaan dari kedua jenis makanan Khas Sunda ini dapat dilihat  pada behan utama yang digunakan yaitu dagingnya. Empal Gentong ini termasuk kuliner sederhana yang saat ini dikenal oleh penduduk luas. Bagi anda yang tidak tahu, apa itu Empal Gentong? Maka Empal Gentong merupakan salah satu makanan Khas daerah Cirebon, jangan salah ya Ceribon juga termasuk daerah Sunda Jawa Barat. Makanan kuliner ini biasa dihidangkan dengan kuca dan sambal yang dibuat dari ebi kering giling.

Empal Gentong diproses dari bahan baku seperti daging sapi yang dimasak menggunakan gentong.Itul sebabnya kenapa makanan ini diberi nama Empal Gentong. Bagi penduduk sunda Empal Gentong daging sapi dihidangkan dengan diberi lontong atau nasi. Citra rasa akan sangat terasa yang ditimbulkan dari daging sapi yang sangat special. Hal tersebut wajar adanya karna saripati bumbu Empal Gentong melekat dalam gentong tersebut sebgai alat untuk memprosesnya.

Itulah 5 Makanan sunda jawa barat yang nagihin,timbul pertanyaan unduk sahabat semua,dari 5 makan tersebut manakah yang menjadi kesukaan sahabat semua? Tentu saja para sahabat pasti punya kesukaan makanan tersndiri,tapi jangan khawatir karena di indonesia banyak aneka makanan maka itu memudahkan untuk sahabat semua memilihnya,sekian semoga ulasan diatas bisa menjadi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel