5 Makanan Tradisional Khas Sunda Yang Enak dan Wajib di Coba

Sebelum pada inti penjelasan kuliner ada sedikit ulasan yang perlu disampaikan yaitu wilayah Jawa Barat pada abad ke-5 merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanagara.Prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanagara banyak tersebar di Jawa Barat. Ada tujuh prasasti yang ditulis dalam aksara Wengi (yang digunkan dalam masa Palawa India) dan bahasa Sansakerta yang sebagian besar menceritakan para raja Tarumanagara.

Setelah runtuhnya kerajaan Tarumanagara, kekuasaan di bagian barat Pulau Jawa dari Ujung Kulon sampai Kali Serayu dilanjutkan oleh Kerajaan Sunda. Salah satu prasasti dari zaman Kerajaan Sunda adalah prasasti Kebon Kopi II yang sudah berdiri sejak tahun 932. Kerajaan Sunda beribu kota di Pakuan Pajajaran yaitu tepatnya sekarang di kota Bogor.

Daerah jawa barat merupakan daerah yang banyak dikelilingi bukit dan pegunungan,sehingga mempunyai pemandangan yang indah dan berhawa sejuk,sehingga sangat cocok untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.Bukan hanya indah tempatnya namun jawa barat juga menyimpan banyak warisan kulinernya,mulai dari makanan yang ringan sampai makanan yang berat ,tentu semua itu tersedia di jawa barat.Berikut ulasan dibawah ini adalah makanan yang khas sunda asli jawa barat


1. Tumis Genjer Oncom


Tumis Genjer Oncom

Kuliner khas sunda berikutnya adalah Tumis Genjer Oncom.Bagi anda yang belum pernah menikmati kuliner yang satu ini tentu saja akan membayangkan bagaimana soal rasanya.Tapi beda dengan mereka yang tinggal di tanah Jawa, sering sekali mendengar orang mengeluarkan candaan dengan lontaran kata-kata, “Mabuk genjer ya?”. Untuk sebagian orang yang mendengarkan pertanyaan tersebut pasti mengira kalau genjer adalah sesuatu makanan yang bisa bikin seseorang mabuk.

Padahal Genjer merupakan untuk bahan hidangan yang enak dan menyehatkan. Di daerah Sunda, ada satu olahan kuliner yang menggunakan Genjer. Nama kuliner tersebut ialah Tumis Genjer Oncom.Makanan Khas Sunda yang satu ini adalah kuliner tradisional yang banyak disajikan di warung – warung makanan yang ada di daerah Sunda.

Oncom merupakan bahan utama yang dipakai untuk membuat masakan ini. Cita rasa oncom yang nikmat dipandukan dengan rasa manis pedas dan genjer atau paku rawan yang mempunyai tekstur lunak tapi renyah saat dimulut. Kenapa genjer menjadi bahan utama karena tiap sajian Tumis Genjer Oncom terdapat banyak kandungan serat. Jadi selain nikmat, makanan ini juga menyehatkan untuk tubuh kita.


2. Sayur Asem


Sayur Asem

Sayur Asem merupakan sayurannya orang Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang suka dengan Sayur Asem tersebut. Sebenarnya sayur Asem ialah masakan Khas daerah Sunda yang mempunyai berbagai variasi local, contoh di Jakarta sendiri ada Sayur Asem Betawi, atau di daerah lain juga ada variasi Sayur Asem kangkung dan lain-lain. Untuk mengetahui mengapa masakan ini dinamakan Sayur Asem,sebab sayur Asem menggunakan asam Jawa untuk memciptakan cita rasa asam pada kuahnya.

Sayur Asam dibuat dengan memakai berbagai sayuran yang mudah dijumpai tanah air Indonesia. Adapun Sayuran-Sayuran yang digunakan untuk sayur Asem tersebut antara lain labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, belimbing sayur, melinjo, dan kacang tanah. Masakan tradisional Khas Sunda ini mempunyai rasa asam yang menyegarkan. Sayur Asem sangat nikmat jika disantap bersama nasi hangat dan lauk pendamping seperti ikan goreng asin dan lalapan serta sambal.

3. Pepes Ikan

Pepes Ikan

Kuliner khas sunda berikutnya adalah pepes ikan. Banyak orang menyangka bahwa pepes adalah nama makanan. Padahal perlu sahabat ketahui bahwa pepes ialah teknik memasak yang banyak dijumpai di Daerah Indonesia. Di Tanah Sunda khususnya Pepes dikenal dengan sebutan pais. Pepes atau Pais pada dasarnya merupakan sajian yang dibungkus menggunakan daun pisang yang dikukus atau dibakar sampai benar-benar matang. Adapun menu utama yang disajikan bisa berupa ikan, tahu, jamur dan kreasi bahan lainnya

Di Sunda, ada berbagai macam jenis pepes . Mulai dari ayam pepes, daging sapi pepes, ikan asin pepes, teri pepes, jamur pepes, telur asin pepes,tahu pepes dan masih banyak lagi,semua pepes itu tadi ada didataran tanah Sunda dan sekitarnya. Makanan Khas Sunda ini di sangat berbentuk tradisional dari bumbu dan rempah-rempah pilihan yang diracik dengan cara dirajang atau dihaluskan terlebih dahulu. Pepes yang paling enak jika disajikan bersama dengan nasi hangat dan sayur asem.Jika penasaran dengan rasanya maka sahabat semua boleh mencicipinya.

4. Empal Gepuk Daging Sapi

Empal Gepuk Daging Sapi

Makanan Sunda sangat banyak pilihan seperti masakan yang satu ini yaitu masakan Empal Gepuk Daging Sapi yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Nama masakan ini mungkin saja sudah tidak asing lagi. Empal atau Gepuk daging sapi merupakan makanan yang sangat populer di Daerah Sunda, Jawa Barat. Makanan ini juga menjadi salah satu menu makanan wajib yang banyak dihidangkan di Restoran-restoran Sunda. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dari sayatan daging sapi yang dipukul pukul alias digepuk sampai gepeng lalu dimasak dengan lumuran bumbu yang mempunyai cita rasa manis.

Setelah daging digepuk atau menjadi gepeng dan dibumbui, proses selanjutnya adalah dengan cara diungkep hingga bumbu meresap sampai serat daging. Daging yang telah diungkap akan menjadi  tekstur yang empuk. Setelah daging menjadi empuk, maka proses selanjutnya empal akan digoreng hingga garing dan bisa langsung dinikmati tanpa harus digoreng lagi Sahabat. Daging sapi yang sudah digoreng tadi sudah siap untuk dinikmati dengan nasi hangat, lalapan , sambal terasi dan lebih nikmat lagi dengan melihat pemandangan yang indah.Selamat mencoba.


5. Bakakak Hayam


Bakakak Hayam

Kuliner Khas Sunda yang berikutnya adalah Bakakak Hayam. Bakakak Hayam ialah menu hidangan ungulan yang mudah ditemui di Tanah Sunda. Sebagian orang mungkin mempunyai anggapan bahwa nama makanan ini sangat unik, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mendengar nama kuliner ini. Tapi itulah yang diberikan pada nama kuliner tersebut. Jika Sahabat belum permah mencicipi kuliner yang satu ini setidaknya satu kali seumur hidup supaya menyicipi makanan ini .

Bakakak Hayam itu sendiri adalah masakan yang menggunakan bahan utama Ayam yang dikasih bumbu khusus dalam cita rasannya lalu diolah dengan cara dipanggang diatas bara api. Ayam yang dihidangkan  adalah satu ekor ayam utuh sehingga dapat disantap untuk banyak orang sekaligus. Bakakak Ayam bisa disajikan bersama, ada dua  pilihan sambal , seperti sambal merah dan sambal hijau , selain sambalnya Bakakak Hayam juga lebih special dan nikmat jika dinikmati bersama lalapan sayur.

Demikianlah 5 makanan tradisional khas sunda jawa barat yang bisa anda nikmati ketika anda berada di daerah sunda jawa barat,semoga dengan ulasan yang singkat ini dapat memberi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel