6 Kuliner khas banten Yang Enak dan Wajib Anda Coba

Provinsi Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini awalnya adalah bagian dari Provinsi Jawa Barat, kemudian disapih sejak tahun 2000, semua itu karena atas dasar dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000.Dan ditetapkan Pusat pemerintahannya yang berada di Kota Serang.

Provinsi Banten ini mempunyai delapan kabupaten/kota, yakni Kabupaten Serang, Kbupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang ditambah Kota Tangerang, Kota Serang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang selatan.Dengan banyaknya kabupaten membuat Banten mempunyai banyak aneka ragam budaya dan yang utama adalah kuliner khasnya.Di bawah ini ada 6 kuliner khas Banten yang bisa anda coba ketika berada di Kota banten jawa barat.Simak selenngkapnya informasi dibawah ini:

Kuliner khas banten Yang Enak dan Wajib Anda Coba

1. Sate Bebek

Sate Bebek

Sate bebek ini juga adalah kuliner khas dari banten.Sate bebek ini memang bukan sate biasa yang sangat berbeda dengan sate pada umumnya. Sate yang berbahan dasar bebek merupakan kuliner khas Banten yang berasal dari daerah cilegon. Sate bebek ini diolah yang diberi sambal kacang yang mana sambal kacang tersebut terbuat dari berbagai bumbu tradisional khas banten.

2.  Angeun Lada

Angeun Lada

Kuliner yang satu ini diberi nama Angeun Lada kuliner ini berasal dari kota lebak. Kuliner khas Banten ini sering dihidangkan saat hajatan seperti pernikahan dan sunatan atau pesta yang lainnya. Masakan berkuah berbahan dasar daging sapi yang dimasak dengan daun walang, membuat aroma dan cita rasanya yang khas.Sehingga kuliner ini menjadi kuliner yang banyak diminati.

3. Pasung Merah

Pasung Merah

Pasung merah merupakan kuliner yang berasal dari kota Pandeglang Banten . Kuliner yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa adalah makanan khas Banten yang mempunyai keunikan dari segi bentuk. Bentuk yang menjadikan kuliner ini sangat khas, berasal dari daun pisang yang dilipat untuk menghasilkan bentuk kerucut dari makanan tersebut.Untuk rasa tentu saja sangat enak.

4. Nasi Uduk

Nasi Uduk

Nasi uduk bukan hanya ditemukan didaerah yang sangat tertentu saja namun nasi uduk juga bisa didapatkan di daerah banten ,nasi uduk juga merupakan kuliner khas Banten yang mudah dicari terutama di kota serang. Istimewanya dari kuliner ini yang sangat mudah ditemukan sehingga tidak heran lagi hampir 24 jam selalu ada yang menjual. Nasi uduk ini bisa menjadi solusi jika lapar ketika dimalam hari.

5. Gerem Asem

 Gerem Asem

Kuliner yang satu ini juga tidak kalah pedasnya dengan sambal Burog. Kuliner ini adalah Gerem asem yang mana terbuat dari daging ayam atau daging bebek yang sebelumnya dibakar terlebih dahulu. Diberi campuran bumbu yang terdiri dari bahan yang sangat khas rasanya sehingga lidah tidak akan berbohong akan kelezatannya kuliner yang satu ini. 

Karena punya rasa yang sangat pedas, maka kepala akan mengalir keringat yang mampu membasahi wajah bagi siapa yang menikmatinya. Jadi anda harus siap-siap untuk membawa tisu yaa untuk mengelap derasnya keringat,hehe. Kuliner ini sering disajikan jika ada hajatan besar saja lho, jadi jangan heran ya.

6. Sambel Burog

Sambel Burog

Kuliner khas banten yang diberi nama Burog ini merupakan kuliner khas yang diambil berasal dari nama kendaraan Nabi Muhammad SAW waktu pergi naik Isra’  Mi’raj,unik ya. Sambal ini memang hanya bisa dijumpai saat waktu musim haji saja. Biasanya sambal ini disajikan kepada orang yang sedang menjenguk orang yang baru pulang dari haji. 

Untuk bahan dasar sambel burog ini ialah kulit mlinjo yang telah diberi campuran dengan bawang putih, salam, dan kemiri. Untu soal rasa sambal ini memang sangat pedas banget. Walaupun sambal ini sangat pedas tapi tidak akan kapok untuk mencoba sambal burog ini.Karena rasa enaknya inilah yang membuat siapa saj yang mencicipi pasti akan mencobanya lagi.

Itulah enam kuliner lezat khas Banten yang harus dicoba,karena yang perlu kita ingat adalah indonesia sangat banyak macam macam kuliner khas daerahnya,selamat mencobanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel