Inilah Kuliner Bandung Yang Selalu Diburu Para Wisatawan

Bandung saat ini, 18 September 2019, kota Bandung berusia 209 tahun. Tentu saja Bandung tidak lagi muda. Di Indonesia, Bandung dikenal sebagai salah satu kota metropolitan. Terletak di Jawa Barat, Bandung adalah kota terbesar, serta ibukota provinsi Jawa Barat. Menjadi kota metropolitan terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya, Bandung berarti menjadi salah satu tujuan wisata, dimulai dengan pariwisata komersial, trendi dan kuliner. Semua jenis puin ditemukan di kota berjuluk 'Parijs van Java'.

Dilansir asal banyak sumber dimedia, istilah Bandung berasal dari “bendung” atau “bendungan” karena terbendungnya sungai citarum oleh lava gunung tangkubanparahu yang lalu sehingga terbentuk telaga. Terdapat juga sejarah yang mengungkapkan istilah bandung dari asal sebuah tunggangan air yang terdiri berasal dua perahu yang diikat berdampingan. Tunggangan itu dinamakan bahtera bandung dan  digunakan bupati bandung, ra wiranatakusumah ii, ketika melayari sungai citarum.

Kota bandung dijadikan permukiman semenjak pemerintahan kolonial belanda. Lewat gubernur jenderal ketika itu,yaitu herman willem daendels, pada 25 september 1810 dikeluarkan surat keputusan perihal pembangunan sarana dan prasarana di bandung tersebut. Lepas itu kemudian dijadikan sebagai hari jadi kota bandung.

Namun status sebagai gemeente atau kota sebenarnya baru didapat secara resmi pada 1 april 1906 asal gubernur jenderal jb van heutsz. Saat itu luas kota bandung sekira 900 hektare. Seiring perkembangan, kota bandung bertambah luas sebagai sekira 8.000 hektare di 1949 serta terus berkembang hingga saat ini.Kota bandung memiliki julukan 'kota kembang' karena dulu dikenal menjadi tempat yang sabgat indah  yang memilki banyak bunga. Kota bandung juga dianggap 'parijs van java' karena dulu keadaan dan  udaranya serupa seperti kehidupan di paris.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang kota Bandung yang dijuluki sebagai kota kembang,selain itu Bandung juga sangat banyak menyipan warisan nenek moyangnya yang berupa kuliner yang mana kulinernya mampu menarik para wisatawan yang sedang berkunjung kekota Bandung,apa saja kuliner yang bisa anda coba ketika Anda berada dikota kembang tersebut,simaklah ulasan singkatnya dibawah ini:


Inilah Kuliner Yang Selalu Diburu Para Wisatawan



1. Mie aceh sigli jaya


Mie aceh sigli jaya

Berada di jalan tubagus ismail No 22, mie aceg sigli jaya menyediakan beragam pilihan masakan spesial aceh. Mulai dari mie aceh rebus, tumis, serta goreng, roti canai aneka topping hingga martabak aceh. Berada pada kawasan rumah mahasiswa di area dago, mie aceh sigli jaya pun ditawarkan menggunakan harga yang sangat terjangkau, yaitu 15.000 – 25.000 per porsi.

Bagi pecinta kuliner pedas, tempat makan di bandung yang satu ini mampu jadi tujuan yang sempurna. Mie aceh menggunakan topping udang di sini dibanderol dengan harga 20.000 saja lengkap beserta emping serta acar bawangnya. Porsinya yang begitu besar, sehingga siap mengenyangkan perut Anda yang sedang lapar

2. Batagor riri

Batagor riri

Di bandung memang ada banyak yang penjual batagor, tetapi Jika Anda hendak mencicipi batagor yang sangat khas datanglah ke batagor riri. Bahkan, daerah ini sering sekali dikunjungi oleh selebriti ibu kota yang sedang berkunjung ke bandung. Berada pada jalan burangrang No 41.Banyak sekali yang menjelaskan bila pemilik batagor riri ini masih punya hubungan saudara dengan pemilik batagor kingsley.

Satu butir batagor riri dibanderol dengan harga 13.500 dan  disajikan secara terpisah dari saus kacangnya. Buat menambah cita rasa umumnya penyajian hidangan ini disandingkan menggunakan jeruk limau. Uniknya, meski sangat renyah diluar batagor riri sudah tidak diragukan lagi terasa lembut dan  padat pada bagian dalamnya. Cita rasa ikan tenggirinya pun kental terasa disetiap menyantapnya.

3. Bebek ali borme

Bebek ali borme

Toko kaki 5 yang ada di jalan Teuku Umar Blok 60, No 40 ini selalu dipadati pembeli setiap jam makan malam datang. Dinamakan bebek ali borme karena pemiliknya bernama pak ali serta dulu waktu Pertama kali dibuka toko ini berada pada samping rumah sakit boromeus daerah dago. Tentu tidaklah sama dari warung nasi bebek pada umumnya yang mana menyajikan bebek garing serta lembut, ditempat ini anda justru akan mencicipi nikmatnya bebek basah yang dagingnya begitu juicy.

Sambal dari bebek ali borme ini cita rasanya relatif pedas, sedikit asam, dan cantik ketiaka dilihat. Cita rasa sambal yang unik ini didapat berasal gugusan cabai rawit, tomat, asam jawa, dan  gula jawa yang digunakan selama proses pengulekan. Sepiring nasi bebek ali borme dibanderol dengan biaya .25.000, bila ingin menambah tingkat pedas terdapat sambal yang disediakan di atas meja pelanggan.


4. Warung lela


Warung lela

Warung lela atau yang juga sangat populer menggunakan nama wale ini berada di area perumahan ranca kendal, tepatnya pada jalan Kupa No 6. Dilihat dari luar, bangunan warung ini relatif menarik perhatian karena berbentuk tempat tinggal   tradisional jawa. Sekelilingnya dihiasi tiang yang terbuat berasal kayu-kayu besar  dilengkapi berbagai ornamen yang mana berbahan kayu.

Hidangan andalan pada tempat ini berupa aneka bakmi, tetapi yang harus Anda coba merupakan yamin anggun bakso yang begitu menggugah selera. Dijual seharga 23.000 per porsi, Anda akan menerima satu mangkuk mie berwarna coklat pekat dilengkapi daging ayam suwir serta taburan daun bawang. Kuah berisi tiga butir bakso serta 2 butir bakso tahu diletakkan secara terpisah,Anda juga  bisa mencampurkannya sendiri sesuai kesukaan Anda.


5. Nasi kalong

 Nasi kalong


Lapar di tengah malam? disini kami menyarankan anda agar berkunjung ke kedai nasi kalong yang berada di jalan R.E. Martadinata 102. Dinamakan nasi kalong sebab daerah makan ini baru mulai beroperasi di pukul 19:00 – 00:00. Kawasan makan ini relatif populer pada kalangan masyarakat sekitar dengan banyak hidangan variatif yang mampu dipilih sesuai kesukaan pembeli. Oh ya, anda juga bisa menentukan nasi merah atau putih guna disantap ketika berada ditempat ini.

Sesudah menentukan jenis nasi, Anda mampu memilih sendiri lauk yang sengaja ditata secara prasmanan tadi. Terdapat ayam, udang, telur, daging sapi, dan  aneka sayuran yang ditumis. Kawasan ini hanya menerima pembayaran via tunai, ya. Anda mampu menyiapkan uang lebih kurang 100.000 utuk makan berdua bersama pasangan atau sahabat Anda.Selamat mencoba.

Itulah 5 masakan yang ada dikota Bandung yang bisa Anda kunjungi pada saat Anda sedang berjalan-jalan di Bandung,sekian dan terimakasih atas waktu yang Anda berikan untuk membaca informasi ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel