10 Kuliner Ekstrem Dari Indonesia,Banyak Yang Belum Mengetahui

Kita harus bersyukur dilahirkan di negara indonesia yang kaya akan keragaman ini. Mulai dari ragam bahasa, istiadat, senibudaya sampai dengan makanan khasnya. Masakan nusantara memang sudah tidak usah diragukan lagi baik dari tampilan dan rasanya, setiap daerah memiliki kuliner dengan karakteristik khasnya tersendiri. Kuliner-kuliner ini juga menjadi salah satu warisan dari nenek moyang dan juga karena sebab budaya yang ada di indonesia yang memang patut untuk dilestarikan.

Cita rasa yang sangat beragam dengan berbagai rempah-rempah menghasilkan banyak makanan  khas indonesia yang digemari hingga ke mancanegara. Daya tarik kuliner indonesia juga tidak hanya terletak pada bumbunya atau rempah-rempahnya saja, tetapi bahan yang digunakannya sangat unik dan juga sangat ekstrem.

Keunikan tersebut berada pada aneka macam daerah yang ada di indonesia, sebut saja serangga belalang yang digoreng jadi makanan khas dari daerah gunung kidul, yogyakarta. Sebagian orang memandang santapan tersebut ekstrem serta tak layak untuk dijadikan makanan, namun sebagian warga  yang ada di wilayah tersebut makanan itu memiliki daya tarik tersendiri dan juga rasa yang sangat khas.

Mungkin dari beberapa makanan ekstrem tersebut kalian belum mengetahui bahwa hidangan-hidangan ekstrem juga terdapat di indonesia. Buat kalian yang suka  mencoba kuliner ekstrem, maka artikel kali ini saya akan merangkum hidangan ekstrem khas indonesia yang sudah di lansir dari aneka macam yang berasal dari sumber informasi, langsung saja kita simak ulasannya.

1. Ulat sagu
Ulat sagu

Ulat sagu ini dengan sangat mudah kalian dapatkan yaitu pada pemukiman atau di daerah papua serta sekitarnya. Masyarakat setempat biasa memakan ulat sagu mentah-mentah atau dibakar juga ditumis. Ulat sagu ini yaitu larva dari kumbang merah yang hidup di pohon sagu yang sudah membusuk. Banyak pula yang telah meneliti perihal kandungan ulat sagu dan  manfaatnya bagi badan kita. Ternyata ulat sagu kaya akan protein, alam oleat, omega tiga, omega 6 dan  omega 9. Jadi jika kalian kekurangan protein dan lainnya maka kalian bisa mencoba makan ulat sagu ini.

2. Saksang
Saksang

Mungkin diantara kita masih banyak yang tidak tau dengan santapan khas batak ini. Saksang adalah hidangan dengan bahan dasar daging babi maupun daging anjing. Meski terlihat menggoda, ternyata saksang ini memakai bahan tidak biasa seperti makanan lainnya pada bumbunya saja sudah berbeda. Yaitu dari makanan ini saksang ini juga memakai darah babi atau anjing buat bumbunya. Jadi selain memakai rempah-rempah, santan darah pula sebagai salah satu bumbu utamanya. Bagaimana apakah kalian mau mencobanya.

3. Kreco
Kreco

Makanan ini juga banyak kamu temukan didaerah jawa timur. Kreco merupakan keong yang hidupnya dipersawahan. Kreco dimasak masih memakai cangkangnya menggunakan aneka macam bumbu serta kadang  ada parutan kelapa sebagai bumbu pelengkapnya. Khusus disurabaya kalian akan menemukan banyak sekali penjual kreco di pinggir jalan. Teksturnya yang kenyal serta metode makan yang unik membuatnya di seruput dari cangkangnya sehingga makanan ini membuatnya banyak dicari.

4. Botok tawon
Botok tawon

Botok tawon ialah santapan yang sangat praktis ditemukan khususnya didaerah jawa timur. Makanan menggunakan sarang tawon menjadi bahan utamanya kemudian dibumbui serta dibungkus daun pisang untuk selanjutnya dikukus. Rasa legit, manis pedas yang bercampur menjadi satu dengan tekstur sarang tawon ini sebagai daya tarik tersendiri. Apakah kalian ingin mencicipinya?

5. Pakasam
Pakasam

Pakasam ialah kuliner yang spesial   yang berasal suku banjar, Kalimantan selatan. Santapan ini terbuat dari ikan air tawar yang difermentasikan. Metode pembuatannya juga relatif unik, ikan air tawar ini diawetkan dalam garap serta beras ketan yang sudah di gongseng kemudian didamkan minial dau hari yang bertujuan agar membuat ikan ini memunculkan rasa asam yang khas.

6. Paniki
Paniki

Sekilas memang makanan ini terlihat biasa saja serta bisa dikatakan terlihat menggugah selera ya. Namun siapa sangka bahwa daging yang gunakan pada kuliner bernama paniki ini memakai daging kelelawar lho,gak disangka bukan? Masakan spesial asal minahasa ini tidak memakai sembarang kelelawar kok, warga  hanya menggunakan kelelawar pemakan butir atau pemakan buah saja untuk menjadi bahan paniki. Jadi kalian bisa juga mencoba kuliner ektrem ini.

7. Ampo
Ampo

Makanan ekstrem berikutnya adalah yang hadir dari jawa timur tepatnya di tuban. Makanan yang berbentuk wafer roll rasa coklat ini terbuat dari tanah liat ternyata, hidangan ini dianggap mampu mengobati beberapa penyakit seperti penyakit panas dalam serta melancarkan sistem pencernaan loh. Jadi kalian sedang berlibur ke tuban selain order berbagai macam oleh-oleh, buah, siwalan, kalian wajib  coba makanan ekstrem yang bernama ampo.

8. Cacing tambelo
Cacing tambelo

Apakah kalian tau cacing tambelo? Cacing tambelo merupakan binatang homogen moluska yang mampu hidup di batang pohon bakau yang sudah lapuk serta membusuk. Rakyat papua sering menyantap cacing ini mentah-mentah. Bentuknya yang panjang berwarna putih serta berlendir ini mungkin buat orang awam terlihat sangat menjijikkan apalagi dimakan mentah-mentah.

Bila kalian penasaran dengan cacing yang satu ini kalian bisa berlibur ke pelosok papua, mereka akan menyuguhkan cacing tambelo ini buat turis-turis yang datang loh, mau coba kalian disuguhkan dengan cacing Tambelo?

9. Lawar
Lawar

Makanan ekstrem berikutnya adalah Lawar yang artinya makanan khas bali yang berisi sayur-sayuran dan ayam suwir. Lawar memiliki 2 jenis, yaitu lawar putih serta lawar merah. Lawar merah mempunyai keunikan,warna merah yang ada dari lawar merah adalah berasal darah babi juga darah ayam. Makanan ini bisa dengan mudah kalian jumpai di tempat tinggal   makan di bali. Jika termasuk pecinta makanan ekstrem, kamu patut mencobanya yaitu makanan khas bali bernama Lawar.

10. Belalang goreng

Belalang

Makanan ekstrem berikutnya adalah belalang goreng karena belalang tidak sulit untuk menemukannya yaitu lebih mudahnya ditemui di wilayah gunung kidul, yogyakarta. Bila kalian berada di gunung kidul ini kalian  akan seringkali menjumpai kios penjual belalang goreng.

Demikianlah 10 makanan yang ekstrem khas indonesia, mungkin saja masih ada banyak makanan ekstrem yang belum kami tulis di situs ini, sekian dan terima kasih atas kunjungannya temen-temen ke situs kami, nantikan informasi berikutnya seputar kuliner nusantara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel