10 Minuman Tradisional Indonesia Yang Memiliki Manfaat Besar!

Indonesia dikenal karena ramuannya yang kaya dengan rempahnya seperti temulawak, kunyit, jahe dan banyak lainnya. Beberapa ramuan ini diolah menjadi berbagai jenis produk herbal yang memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Mengandung produk herbal dalam bentuk minuman atau sering disebut sebagai minuman tradisional Indonesia. Banyak sekali minuman olahan herbal yang tersebar di hampir setiap wilayah Indonesia. Berikut adalah enam minuman tradisional Indonesia berkualitas yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Wedang Beras kencur

sumber gambar photo.trubus.id

Minuman tradisional ini mungkin sudah terkenal di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Minuman manis dan asam yang terbuat dari beras dan kencur membawa banyak manfaat kesehatan. Karena dapat digunakan sebagai obat sariawan, juga dapat mengatasi rasa sakit rematik yang menyakitkan, meningkatkan kekebalan tubuh dan banyak lagi manfaat dari beras kencur.

2. Wedang Uwuh

sumber gambar:pegipegi.com

Wedang Uwuh juga merupakan minuman herbal yang terkenal pada sebagian besar orang di Jawa, terutama orang-orang Bantul (Yogyakarta). Minuman ini memiliki nama unik, uwuh, yang artinya sampah dalam bahasa jawa.

Ini memiliki rasa manis pedas dan aroma herbal yang sangat harum. Wedang uwuh memiliki manfaat seperti menurunkan kolesterol, antioksidan yang tinggi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Wedang Sinom

sumber gambar: cookpad.com

Minuman tradisional berikutnya adalah Sinom, yang juga merupakan minuman herbal khas Jawa Timur. Sinom terbuat dari bahan dasar daun kunyit dan asam yang masih muda. Manfaat dari Sinom adalah menghilangkan rasa sakit, pada saat nyeri haid, pencernaan juga menjadi lancar manfaat lainnya adalah untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah hipertensi.

4. Bir brews atau  Bir pletok

Sumber gambar: Lifestyle Okezone.com

Ibu kota Jakarta juga rupanya memiliki minuman herbal yang terkenal, yaitu bir pletok, yang agak mirip dengan wedang secang tetapi dengan beberapa zat tambahan. Minuman ini juga dikenal sebagai minuman herbal yang kaya akan rempah-rempah, minuma ini tidak memabukkan.

Dibuat dengan jahe, secang, cengkeh, kayu manis, kapulaga, pala dan serai. Manfaat mengkonsumsi bir Pletok termasuk mengatasi ejakulasi dini, menghilangkan sakit kepala dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

5. Wedang Secang

Sumber gambar: Bukalapak.com

Minuman tradisional berikutnya adalah yang dikenal sebagai salah satu minuman herbal khas di Mojokerto, Jawa Timur. Wedang secang terbuat dari kayu secang, yang kemudian direbus dan diberi sedikit gula. Manfaat Wedang secang mengurangi risiko penyakit jantung sebagai antibiotik alami dan banyak lagi manfaat lainnya.

6. Wedang Sarabba

Sumber gambar: cookpad.com

Minuman khas Sulawesi ini adalah salah satu minuman tradisional yang cukup terkenal di daerah Sulawesi Selatan. Anda juga dapat membuatnya sendiri yaitu mencakup banyak rempah-rempah seperti jahe, kuning telur, santan, gula aren dan juga bubuk lada. Manfaat minuman hangat ini akan meningkatkan daya tahan tubuh, bisa mengatasi masuk angin, mual dan banyak lagi manfaat lainnya dari wedang Sarabba.

7. Wedang Rosela

Sumber gambar: Resep Makanan Indonesia

Bunga kembang sepatu atau bunga rosela ini memiliki penampilan yang unik. Warnanya merah cerah dengan rasa yang cukup asam saat diminum.
Selain rasanya yang unik, rosello juga sering digunakan sebagai minuman kesehatan. Tinggi antioksidan. Roselle dapat mengurangi lemak dan tekanan darah di dalam tubuh.

8. Wedang Daun mint

Sumber gambar: BP Guide.id

Mempunyai sensasi yang melegakan di tenggorokan akan terasa manfaatnya setelah Anda meminumnya. Minuman ini berbeda dengan teh, dibuat dari daun yang masih sangat segar.

Menurut Jurnal Jerman tentang Minyak Esensial Tanaman dan Christian Albrechts University, aroma mentol daun mint dapat membantu mengurangi sakit kepala yaitu migrain. Ini juga dapat mengobati gejala sakit kepala yang umum. Bahkan efeknya hampir sama dengan 500 mg parasetamol. Jadi dari aroma yang harum dari Daun Mint juga terdapat banyak manfaatnya.

9. Wedang Kombucha

  Sumber gambar: sutrekstorok

Minunman yang juga punya banyak manfaat yaitu ada kombucha yang termasuk dalam teh jenis ini. Tetapi beberapa diklasifikasikan sebagai tistan. Tergantung pada pengolahan bahan baku utama.
Minuman Cina ini sering disebut spons. Karena itu, proses pembuatannya benar-benar dibiarkan begitu saja atau sampai berhari-hari. Proses ini mengangkat lapisan hometa kenyal pada permukaannya.

Meski demikian, minuman ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Ini juga dapat digunakan untuk detoksifikasi tubuh. "Teh Kombucha mengandung antioksidan dan kelompok asam polifenol dan glukuronat anti-inflamasi (anti-inflamasi). Teh ini juga mengandung beberapa vitamin (B dan C) dan mineral,"di jelaskan oleh Ahmad Syafiq, ketua Pusat Penelitian Nutrisi dan Kesehatan di Universitas Indonesia.

10. Wedang Bunga Telang

 Sumber gambar: Bukalapak.com

Setelah beberapa saat, teh yang terbuat dari bunga telangana benar-benar populer. Warna biru jernih membuat minuman ini lebih menarik. Minuman julukan teh biru juga memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya. Antioksidannya yang kuat menghambat radikal bebas dan racun dalam tubuh.

Menurut Jurnal Farmakologi, Biokimia dan Behaviour pada tahun 2003, Telangiectus dapat merangsang sistem saraf pusat untuk melawan depresi dan gangguan kecemasan pada otak.

Ini adalah beberapa minuman tradisional Indonesia yang patut dicoba. Selain tidak memiliki efek samping, minuman tradisional ini sekarang sangat mudah ditemukan di hampir ada di setiap wilayah Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa cintai produk asli Indonesia,sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel