18 Foto Makanan Spesial Khas Indonesia Dan Penjelasannya

Di jelaskan oleh Wikipedia bahwa masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner terkaya di dunia dan penuh dengan rasa yang kuat. Kekayaan masakannya merupakan cerminan dari keragaman budaya dan tradisi Indonesia, yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam budaya nasional Indonesia pada umumnya.

Hampir semua masakan Indonesia kaya akan rempah-rempah yang berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, persimpangan utama, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren, diikuti dengan penggunaan teknik memasak sesuai dengan bahan dan tradisi yang juga mereka mempengaruhi melalui perdagangan yang berasal dari India, Cina, Timur Tengah dan Eropa (terutama Belanda, Portugal dan Spanyol). Pada dasarnya, tidak ada satu bentuk "masakan Indonesia", tetapi keanekaragaman masakan daerah yang secara lokal dipengaruhi oleh budaya Indonesia dan pengaruh asing.

Misalnya, nasi yang diproses dalam nasi putih, ketupat atau lontong (nasi putih) sebagai makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia, tetapi sagu, jagung, singkong dan ubi jalar lebih umum dikonsumsi di bagian timur. Cara umum untuk menyajikan sebagian besar makanan Indonesia terdiri dari makanan pokok dengan hiasan daging, ikan, atau sayuran di samping piring.

Makanan khas spesial Indonesia yang paling lezat yang membuat Anda ingin makan sepanjang waktu
Anda tidak bisa meragukan kelezatan kuliner Indonesia. Berikut adalah 15 foto makanan khas spesial Indonesia yang paling lezat yang akan membuat Anda ingin makan berulang kali. Berikut ini adalah gambar dan ulasannya.

1. Jengkol Stew
Jengkol Stew

Jengkol merupakan olahan yang dikenal karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap, tetapi di sisi lain, jengkol olahan juga dikenal karena rasanya yang enak, salah satunya adalah rebusan jengkol. Masakan khas Betawi akan disajikan dalam bentuk jengkol yang dimasak bersama dengan kaldu hitam-cokelat. Biasanya, rebusan jengkol benar-benar basah, tetapi karena penampilan inovasi, sekarang ada varian rebusan jengkol kering.

Biasanya rebusan jengkol pedas, tetapi ada yang disajikan dengan manis dan juga dikonsumsi dengan sangat baik dengan nasi. Makanan dengan bahan jengkol, meskipun mereka menghasilkan bau menyengat di mulut, masih memiliki nilai gizi yang tinggi, tetapi jika dikonsumsi berlebihan, mereka dapat menyebabkan keracunan dan penyakit lainnya. Makanan dengan tekstur lembut biasanya direbus terlebih dahulu selama lebih dari dua jam sebelum menumisnya dengan bumbu, itulah yang membuatnya terasa enak dan membuat banyak kios di Jakarta menjualnya.

2. Ketoprak
Ketoprak

Ketoprak adalah produk dari Indonesia yang mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia menyebut ketoprak sebagai makanan khas Betawi. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado, di mana makanan olahan menerima sejumput saus kacang. Perbedaannya adalah, jika gado-gado cenderung menjadi pendamping makan nasi, ketoprak adalah satu paket.

Dalam porsi ketoprak pasti ada berlian sebagai komposisi paling dominan. Selain itu, ada juga komponen lain seperti tahu, mie, tauge, mentimun dan telur rebus. Saat ini ada banyak vendor ketoprak. Dari mereka yang mulai berdagang hingga menetap di tempat ramai. Kelezatan ketoprak dan rendahnya harga tambah di setiap sajian membuat ketoprak selalu dicari oleh pembeli.

3. Gorengan
Gorengan

Orang Indonesia sudah tahu bahwa makanan yang digoreng adalah makanan yang tidak sehat bagi tubuh, tetapi makanan yang digoreng adalah makanan yang telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang Indonesia. Apa pun bisa digoreng, tetapi yang paling umum adalah pisang, tempe, bakwan, ubi dan yucca.

Jika itu adalah makanan yang digoreng, siapa pun sudah tahu tentang penyebutan makanan ini, meskipun sebenarnya hampir ada di seluruh dunia, tetapi makanan goreng di Indonesia dibuat dengan tepung goreng yang dibungkus. Banyak varian makanan gorengan yang umumnya dijual sebagai makanan ini, produk alami Indonesia, seperti ubi, pisang, sukun, bahkan singkong. Ada juga tahu, tempe dan oncom yang dimasak dengan tepung goreng.

Digoreng di campur dengan tempe sebagai alas berbalutnya adalah tepung dan sayuran, disebut mendowan, sedangkan temannya, Bakwan atau Bala-Bala, hanya terbuat dari tepung dengan sayuran bundar. Bahkan ada makanan goreng dengan nama perusahaan yang terbuat dari kentang tipis, dan yang ini spesial tanpa tepung. Untuk mendapatkan makanan ini, tidak sulit ditemukan, di seluruh Indonesia pasti ada penjualnya.


4. Sayur asem
Sayur asem

Pernahkah Anda mendengar tentang makanan Thailand bernama Tom Yum? Anda dapat menemukan hidangan segar dengan produk makanan laut yang juga dapat ditemukan di Indonesia dengan versi tebal dari bahan dengan karakteristik dapur nusantara. Sayurnya asam. Asam jawa atau sayur asam adalah makanan yang menyajikan berbagai jenis sayuran.

Sayuran yang biasa digunakan termasuk kacang hijau, kacang tanah, melinjo, nangka muda, labu dan jagung. Sesuai namanya, hidangan sayuran khas Indonesia ini juga menawarkan rasa asam yang menyegarkan. Sayuran asam biasanya dimakan dengan nasi putih dan hiasan kering seperti ikan teri yang ditemani sambal.

5. Pepes
Pepes

Setelah melihat foto yang bergambar pepes di atas, bagaimana menurut Anda? Tampaknya menarik untuk dicoba? Jangan tertipu, karena Pepes rasanya enak meskipun dia tidak terlihat baik. Karena dibungkus dengan daun pisang, Pepes mengeluarkan aroma yang sangat menyenangkan. Kandungan pepes itu sendiri bisa beragam, misalnya tahu, telur, ayam atau jamur.

Jika Anda adalah penduduk Indonesia yang tinggal di luar Jawa, luangkan waktu untuk mengunjungi Jawa setidaknya sekali dalam hidup Anda. Banyak makanan menunggu Anda untuk mencoba saat Anda berada di Jawa. Makanan khas Indonesia lahir di tanah tradisional Jawa, seperti pepes, misalnya. Apa itu

Pepes atau negara adalah cara memasak bahan baku khas Jawa Barat. Bahan-bahan yang biasanya ditekan adalah ikan dan ayam, meskipun ada juga bahan makanan lain seperti jamur, tahu dan banyak lagi yang dimasak dengan cara menekannya. Makanan akan ditekan dengan membungkusnya dalam daun pisang, rempah-rempah yang digunakan untuk pepes juga khas, yaitu kemangi, tomat dan cabai. Setelah membungkus bumbu dan makanan dengan daun pisang, proses selanjutnya adalah membakar bungkusan itu sampai panas dan matang.

6. Soto
Soto

Daging dan sayuran yang disatukan dalam saus dengan bumbu lezat adalah makanan khas Indonesia yang disebut soto. Ada banyak jenis soto di Indonesia, tergantung pada asal kota. Meskipun ada banyak tipe, semua orang bisa menggoyang lidah mereka karena kelezatan soto tersebut.

Soto merupakan hidangan kuliner khas nusantara dalam bentuk hidangan sup yang dibuat dengan kaldu daging dan sayuran. Ada dua jenis soto yang populer di Indonesia, yaitu, soto ayam atau daging dan soto mie. Selain kedua jenis tersebut, sebenarnya ada banyak jenis soto yang juga enak dan menggugah selera, sebut saja soto padang, dewasa, soto babat, soto kambing, soto banjar, soto banjar, soto medan dan masih banyak lagi. Pemberian nama Soto umumnya mengacu pada area asal atau komposisi bahan yang digunakan.

Setiap jenis soto memiliki cara penyajian yang berbeda sesuai dengan keunikan masing-masing daerah. Soto dapat disajikan sendiri atau langsung tanpa tambahan atau tambahan seperti nasi, kue beras, kue beras, mie atau mie bersama dengan lauk pauk. Ada juga menu pelengkap seperti kerupuk, kerupuk, kue, telur puyuh, sate, koya dan sambal. Di beberapa kota, seperti Jakarta, ada banyak toko penjual Soto. Tidak hanya Soto Betawi yang dijual, tetapi ada juga kios-kios khusus yang menjual soto dari daerah di luar Jakarta.

7. Rawon
Rawon

Rawon adalah sup hitam pekat yang berasal dari provinsi Jawa Timur. Terbuat dari dua bahan utama, yaitu daging sapi dan kluwek, Rawon sangat enak dimakan panas. Rawon merupakan menu tradisional Indonesia, pilar penduduk Jawa Timur yang memiliki banyak penggemar. Hidangan tradisional yang disebut rawon ini berbentuk seperti sup daging dengan saus cokelat gelap yang cenderung hitam. Warna sup rawon diproduksi dengan menggunakan bumbu yang disebut kluwak.

Rawon dimasak dengan rempah-rempah yang sangat berbeda dengan hidangan Indonesia lainnya, sehingga selain menciptakan rasa yang khas, aroma rawon juga sangat menggugah selera. Rawon, yang merupakan ikon kuliner di Jawa Timur, biasanya disajikan dengan nasi hangat disertai dengan tauge. Untuk menambah rasa, tidak jarang orang menambahkan bawang perai, saus cabai, dan jus jeruk nipis.

8. Sup buntut
Sup buntut

Siapa yang akan mengira bahwa buntut bukan daging yang lezat, semua itu jika dimasak dengan cinta dan bumbu yang tepat maka buntut akan menjadi hidangan yang enak dan lezat. Ya, begitulah adanya. Sup buntut yang lezat ini terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri.

Sup buntut merupakan hidangan yang ada kuahnya yang sebenarnya tidak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga di negara-negara Asia dan Eropa lainnya, seperti Amerika Serikat, Cina, dan Korea. Sup buntut versi bahasa Indonesia adalah makanan yang populer dan banyak orang menyukainya. Sup buntut ini juga termasuk makanan khas Indonesia Timur. Sesuai namanya, sup buntut mengandung komposisi utama dalam bentuk buntut atau buntut.

Buntut sapi yang telah dicincang sebelum disajikan harus diproses terlebih dahulu. Proses pengolahan buntut tidak terlalu rumit. Potongan-potongan buntut dibumbui dan kemudian dibakar atau digoreng dan terus ditempatkan dalam kaldu sapi transparan dengan bahan-bahan lain seperti irisan wortel, tomat, kentang, daun bawang, seledri dan percikan bawang goreng.

9. Gudek jogja
Gudek jogja

Anda harus mencoba makanan khas Indonesia yang disebut tibia. Gudeg adalah sayuran jaca muda yang dimasak dengan gula merah dan santan. Agar lebih enak, panas biasanya dimakan bersama telur rebus, ayam goreng, dan aneka lauk. Kekayaan kuliner nusantara dapat ditemukan di hampir setiap kota di Indonesia. Seperti di Yogyakarta, ada makanan khas terkenal yang disebut tibia.

Bahkan, kota Yogyakarta mendapat julukan Kota Gudeg karena merupakan tempat kelahiran makanan yang sangat akrab di telinga orang Indonesia. Gudeg adalah makanan tradisional yang memiliki rasa manis sebagai ciri khas masakan Jawa pada umumnya. Komposisi bahan utama untuk pemanasan termasuk buah nangka, telur rebus, tahu, tempe dan ayam.

Tidak jarang bila disajikan panas juga dimakan dengan kulit sapi segar atau sambal goreng krecek. Gudeg terdiri dari beberapa jenis, yang terkenal kering hangat dan lembab hangat. Perbedaan antara kedua jenis panas ini adalah pada penggunaan santan. Jika santan hangat sedikit kering, maka tibia basah mengandung lebih banyak santan atau santan.

10. Kerak telur
Kerak telur

Apa citra makanan yang ada di nomor delapan? Ya, kulit telur, camilan khas Indonesia, bukan Betawi. Kulit telur adalah campuran beras ketan dan telur ayam atau telur bebek yang kemudian dicampur dengan rempah-rempah. Makanan ringan ini asli dari Betawi, sehingga dapat ditentukan bahwa itu adalah makanan khas masyarakat Jakarta. Aktor utama dalam penjabaran adalah penggunaan beras ketan, yang kemudian akan dicampur dengan bahan-bahan lain, terutama telur.

Dari salah satu bahan ini, kita tahu bahwa nama kerak telur itu karena kehadiran telur, sedangkan penambahan kerak itu karena nasi ketan dan teman-temannya akan memasak sampai menjadi kerak. Secara keseluruhan, kerak telur akan dimasak dengan nasi ketan, kemudian diisi dengan telur, jahe dan kencur halus, gula pasir, garam, ebi dan bawang goreng kocok.

Nantinya, harus dimasak dengan batu bara agar panasnya didistribusikan secara merata, sedangkan jika dimasak dalam tungku, hasilnya bukan kerak, tetapi akan berkarbonasi. Rasa kulit telur benar-benar sah dan enak, sehingga harus diuji, juga merupakan makanan tradisional dari ibu kota Indonesia yang semakin sulit ditemukan.

11. Nasi goreng
Nasi goreng

Nasi goreng juga ada di negara lain, tetapi bagaimanapun, nasi goreng Indonesia rasanya lebih enak di lidah karena dimasak dengan bumbu khas Indonesia yang sangat kaya. Belum diketahui secara jelas dari mana nasi goreng itu berasal, karena selain Indonesia, nasi goreng juga sering ditemukan di negara lain.

Oleh karena itu, untuk menjadikan nasi goreng sebagai makanan khas Indonesia, orang membuat nasi goreng dengan memberikan ciri khas kuliner nusantara, yang merupakan bumbu yang banyak. Bicara soal rasa, memang benar nasi goreng Indonesia punya rasa juara dan bisa bersaing dengan nasi goreng negara lain.

Nasi goreng itu sendiri adalah makanan dalam bentuk nasi yang digoreng dengan kecap dan bumbu lainnya yang kemudian diaduk sampai nasi berubah warna menjadi cokelat sebagai tanda bahwa kecap tersebut telah diresapi dan menyebar ke seluruh beras.

Setelah nasi selesai digoreng, nasi dituang ke piring. Untuk memberikan rasa yang banyak, nasi biasanya ditambahkan dengan isian seperti telur, ayam, kue, mentimun iris, irisan sosis, ikan asin dan banyak lagi, tergantung pada rasanya.

12. Pempek
 Pempek

Apa yang terjadi jika ikan dan tepung diadon bergabung lalu menggoreng? Pempek adalah nama makanan ini. Pempek biasanya dimakan menggunakan rendaman yang terbuat dari cuka dicampur dengan gula. Jika gambar di atas makanan bisa membuat Anda lapar, maka bayangkan bagaimana rasanya menggoda.

Pempek merupakan makanan yang berasal dari Palembang. Selain Palembang, pempek juga dapat ditemukan di Bangka dan semua daerah lain di Sumatear Selatan. Pempek atau keripik lunak dibuat dari komposisi bahan utama dalam bentuk daging ikan dan pati [bukan tepung sagu]. Selain dua bahan utama ini, ada juga komposisi yang menyertainya, seperti telur, bawang putih, perasa dan garam.

Di kota-kota besar selain Palembang, Anda juga dapat menemukan pedagang pempek dan ada banyak. Bahkan, selain dijual oleh pedagang kecil, pempek juga banyak disajikan di restoran. Citarasa lezat dan khas Pempek tidak hanya terbatas pada mengguncang lidah, tetapi juga bisa membuat siapa pun ketagihan setelah memakannya.

13. Bika Ambon
Bika Ambon

Bika Ambon adalah sejenis gula-gula dari Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula dan santan, bika ambon biasanya dijual dengan rasa pandan, meskipun sekarang ada rasa lain yang tersedia, seperti durian, keju, dan cokelat. Bika ambon umumnya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama kurang lebih empat hari karena setelah itu kue mulai mengeras.

Menurut penjelasan M Muhar Omtatok, seorang budaya dan sejarawan, kue ambon bika terinspirasi oleh kue khas Melayu, Bika atau Bingka. Selain itu, dimodifikasi dengan bahan pengembang dalam bentuk nira aren / aren sampai berongga dan berbeda dari Bika Melayu khas atau kue Bingka. Selain itu, Muhar Omtatok menyebutkan bahwa kue ini disebut bika ambon karena pertama kali dijual dan populer di persimpangan Jl Ambon-Sei Kera Medan.

Bika Ambon dikenal sebagai oleh-oleh dari kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit, di daerah Medan Petisah, setidaknya ada 30 toko yang menjual kue ini. [1] Setiap toko di tempat ini dapat menjual lebih dari 1.000 paket bika ambon per hari jika liburan mendekati. [1] Diperkirakan bahwa nama bika ambon muncul dari kebiasaan orang-orang yang baru mengenal bika yang diproduksi di Jalan Ambon, Medan. Penyebutan bika ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan perkembangan industri makanan ini.

14. Gado-gado
Gado-gado

Gado-gado adalah makanan khas Indonesia yang sehat. Anda bisa lihat pada gambar di atas, isinya adalah sayuran. Dicampur dengan saus kacang super lezat, menjadikan gado-gado salah satu sayuran paling populer.

Jika nasi goreng dianggap sebagai makanan modern, maka makanan khas Indonesia ini, gado-gado, adalah makanan tradisional yang masih ada sampai sekarang. Menurut Wikipedia, gado-gado berasal dari tanah Betawi. Gado-gado termasuk masakan tradisional yang sehat karena didominasi oleh bahan-bahan yang berasal dari sayuran.

Dalam porsi gado-gado ada banyak jenis sayuran rebus, seperti kacang panjang, tauge, kembang kol, kol, selada, nangka muda, tomat, kentang rebus, telur rebus, tempe, tahu, cornflake dan sayuran lainnya seperti Irisan wortel dan mentimun. Sebelum mengumpulkan sayuran, biasanya dalam mangkuk atau lesung untuk membuat gado-gado, terlebih dahulu disiapkan saus kacang atau saus, yang akan menjadi bumbu utama sayuran ini.

15. Sate
Sate

Sate, siapa yang tidak suka makan sate? Makanan yang menggunakan batang bambu dan menghasilkan aroma sedap manis ketika dibakar, sate adalah makanan favorit banyak orang Indonesia. Ada beberapa jenis sate, seperti sate ayam, babi dan kambing. Citra makanan sate di atas membuat Anda ngiler, bukan?

Sate merupakan hidangan Indonesia yang populer di dunia dan biasanya terbuat dari bahan dasar daging ayam atau sapi yang dipotong-potong dan kemudian ditusuk dengan tongkat kecil atau tusuk dari bambu. Setelah potongan daging berbaris sempurna di setiap titik, setiap titik berikutnya dibakar sampai matang. Seperti diberi sambal, sate adalah makanan khas Indonesia yang terdiri dari beberapa varian, bisa dari daging pilihan.

Daging yang biasa dipilih untuk dijadikan sate meliputi ayam, kambing, daging sapi muda, domba, kelinci, babi, kuda, dan lainnya. Di Indonesia, ada sate regional yang telah menyebar ke banyak kota, seperti sate Padang, yang merupakan makanan dari Sumatera barat. Selain sate Padang, masih ada sate lain yang enak dan unik, seperti sate languan, sate lilit, sate pentul, sate plecing, sate lokan, sate loji, sate buntel dari jogja, sate madura dan sate pencok dari sate Lombok dan masih banyak sate lainnya

16. Rendang
Rendang

Dilihat dari gambarnya saja sudah bisa dibayangkan kelezatannya, bahwa rendang memang sudah lezat, terutama saat Anda mencobanya. Kelezatan Rendang telah dikenal di seluruh dunia. Bahan utama rendang adalah daging. Dimasak dengan beberapa bumbu khas Indonesia, rasa rendang tidak ada duanya. Banyak orang menjadi kecanduan segera, saat pertama kali mereka mencoba olahan Rendang.

Keistimewaan makanan Indonesia di seluruh dunia ini termasuk dalam daftar 50 makanan paling lezat di dunia atau 50 makanan paling enak. Biasanya, rendang akan dibuat dari daging sapi dengan rasa pedas, karena salah satu rempahnya adalah cabai. Namun lambat laun, seiring dengan perkembangan selera masyarakat, beragam rendang muncul tidak hanya dari daging sapi, karena telah ada rendang hati ayam, bebek dan sapi dan lainnnya. Untuk memasak, waktu persiapan bisa memakan waktu berjam-jam, bisa dikatakan hampir 4 jam sampai benar-benar matang neresap dan kering.

Santan juga diperlukan untuk itu, dan santan ini harus dimasak dengan daging dan rempah-rempah seperti cabai, kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, serai, bawang putih, dan rempah lainnya. Setelah kering, rendang baru dapat disajikan, baik bersama dengan nasi hangat atau menjadi hiasan nasi untuk digunakan sebagai makanan utama. Sebagai makanan asli Padang, rendang disajikan secara luas di semua restoran Padang, dan bahkan di warung makan sederhana, rendang banyak yang menjualnya.

17. Opor
Opor

Hidangan yang berkuah santan,berisikan telur, dan ayam lezat ini disebut Opor. Ketika Anda berada di luar negeri, terutama di negara di mana makanan tidak sesuai dengan bahasa, tentu opor akan membayangkannya menuju makanan yang lezat.

Menjelang liburan seperti saat di hari Idul Fitri, orang Indonesia, terutama Muslim, berkumpul untuk menyiapkan persembahan bagi tamu yang ingin mengunjungi rumah untuk keakraban dan memaafkan. Hidangan yang biasa dibuat adalah telur dan  ayam opor. Ayam opor adalah makanan khas Indonesia yang dipilih karena dapat dikatakan bahwa itu adalah tradisi di komunitas Muslim di Indonesia.

Ayam opor merupakan makanan yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ayam yang di olah, menyajikan ayam yang direbus dengan bumbu kental santan beserta bumbu tambahan lainnya seperti serai, kencur dan lainnya. Telur ayam biasanya disajikan untuk pelengkap instan atau nasi, dan beberapa bahkan memakan telur dengan nasi. Jangan lupa bahwa sebelum makan ayam, orang biasanya menambahkan saus sambal goreng pada opor ayam tersebut.

18. Bakso
Bakso

Bakso, makanan yang berbentuk bundar ini memiliki rasa yang sangat lezat. Makan bakso setiap hari bukan masalah. Bakso yang umumnya dikonsumsi adalah bakso sapi dan bakso ikan. Tergantung selera masing-masing, tapi menurut kami cemilan paling enak adalah bakso yang paling enak.

Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Bakso yang disebut bakso menawarkan rasa yang sulit untuk ditolak oleh sebagian dari penduduk nusantara. Berbicara tentang bakso, di Indonesia ada bakso yang terkenal, terutama di kota-kota di pulau Jawa, di mana banyak penjual bakso berlokasi atau berkeliling dan memberi label kereta dengan kata-kata "Bakso Barokah dan lainnya".

Bakso dibeli saat cuaca tidak menyenangkan. Kaldu sapi hangat dan aroma pedas dari saus sambal yang dicampur dalam satu, dapat membuat tubuh terasa hangat. Dalam mangkuk atau bagian dari bakso mereka biasanya terdiri dari bakso daging, mie kuning, mie, tauge, tahu, telur dan sejumput bawang goreng. Bakso menjadi makanan yang mudah ditemukan. Harganya murah dan rasanya yang enak membuat banyak orang menyukai makanan yang satu ini.

Demikianlah ulasan tentang makanan spesial kha Indonesia yang sudah banyak dikenal baik dari dalam maupun luar negeri. Semoga dengan informasi ini menambah wawasan kita agar lebih memahami tentang kuliner yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel