Oleh-oleh Asli Garut Terpopuler 2020

Cecep345.com-Baiklah dikesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang oleh-oleh asli Garut yang bisa kalian bawa pulang kerumah,disaat Anda berkunjung kegarut. Oleh-oleh asli Garut yang terlaris, paling populer di tahun 2020. Tahukah Anda bahwa setiap daerah memiliki suvenir atau oleh-oleh unik tersendiri.

Hal yang sama juga berlaku di Kabupaten Garut, meskipun areanya tidak terlalu luas, tetapi ada cukup banyak tujuan wisata di Kabupaten Garut. Dan juga cendera mata khas garut, yang benar-benar unik. Berikut adalah daftar suvenir khas garut yang tidak boleh Anda lupakan.

Jenis Oleh-oleh Asli Garut Yang Paling Populer

1. Nasi Liwet Instan


Sumber gambar: bukalapak.com

Nasi cepat saji atau nasi instan adalah hadiah nasi yang dimasak kemudian dikeringkan. Untuk memiliki umur simpan yang lebih lama sebelum kedaluwarsa, namun dapat disajikan dalam waktu singkat.

Dan inilah yang membuat konsumen tertarik untuk mencobanya. Nasi liwet instan sangat cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan memasak dan waktu.

Dan lahirlah inovasi terbaru, yaitu beras cair instan atau nasi liwet. Nasi yang satu ini adalah makanan khas kuliner di Jawa Barat, di mana nasi dimasak dengan sejumlah bumbu dan rempah-rempah, menghasilkan nasi yang lebih aromatik dengan rasa yang sangat lezat.

2. Kue Burayot

Oleh-oleh asli Garut lainnya adalah burayot. Burayot berasal dari bahasa sunda yang artinya menggantung. Suvenir  ini dapat ditemukan di Garut tepatnya di daerah Wanaraja, Kadungora dan Leles. Suvenir ini dibuat dari tepung beras, gula merah, kacang minyak kelapa. Tidak butuh waktu lama untuk membuat kue burayot.


Burayot juga merupakan makanan sunda, bagi Anda yang ingin mencicipi kue burayot ini, Anda akan menemukannya di pasaran. Seperti pasar Kadungora, Anda dapat membeli kue burayot, yang masih panas seperti halnya kue balok yang dijual di sana. Kue burayot ini sangat enak dikonsumsi saat masih panas.

Biasanya kue burayot ini diproduksi di setiap rumah pada hari kedatangan Lebaran. Baik untuk dikonsumsi sendiri atau bersama kerabat. Ada juga yang memproduksi kue ini dalam jumlah besar untuk menjual atau mengisi pesanan sebelum Hari Lebaran.

3. Chocodot

Di daerah Garut, biji kakao olahan sangat populer di semua kelompok, terutama kaum muda. Orang yang menggunakan cokelat untuk pertama kalinya adalah masyarakat Mesoamerika kuno dijadikan sebagai minuman.

Pada zaman dahulu kala Cokelat juga hanya digunakan oleh kaum bangsawan, dan seiring waktu cokelat menjadi makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi siapa saja. Salah satunya adalah chocodot, yang merupakan cokelat unik dari garut.

Keunikan cokelat ini ada pada namanya. Seperti cokelat "anti-stres" dengan rasa mint, "cokelat yang dibumbui" dengan susu atau milk, "cokelat selaras". Dengan berbagai jenis rasa, masih ada banyak cokelat dengan nama-nama unik lainnya. Penasaran dengan chocodot? silahkan Anda datang saja ke Garut ya.

Aneka Resep Menu Ramadan - Resep Makanan - Resep Sambal Resep Minuman - Wisata Kuliner

 4. Dodol  Garut

Dodol yang ada di Garut memiliki banyak jenis, dan bagaimana hal itu terjadi, karena telah menjadi tradisi di banyak daerah. Seperti dodol Cina, dodol Betawi, dodol nanas Subang, tapi jangan lupakan dodol Garut.

Namun, banyak jenis dodol, garut dodol lebih akrab. Tidak hanya di wilayahnya sendiri, bukan terkenal hanya didaerahnya. Dodol Garut juga dikenal di berbagai daerah di Indonesia.

Padahal, dodol Garut adalah makanan tradisional yang dibuat di rumah-rumah penduduk setempat. Jadi sangat sulit untuk mengetahui siapa yang membuat dodol untuk pertama kalinya. Hehehe

Tentunya dodol Garut ini sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda. Selama era Belanda ada banyak wanita simpanan yang melakukan pekerjaan yang baik membuat dodol baik sebagai makanan atau untuk dijual. Dengan kemajuan teknologi, dodol Garut sekarang diproduksi secara massal dan modern.

5. Dorokdok

Ini adalah oleh-oleh asli Garut yang diminati banyak konsumen secara luas selain dodol Garut. Dorokdok, atau nama lain untuk kerupuk kulit, adalah makanan ringan tradisional asli Kabupaten Garut dengan rasa yang tak tertandingi.

Sebenarnya kuliner kulit ini atau dorokdok sangat berbeda dengan kerupuk kulit lainnya. Dorokdok terbuat dari kulit sapi pilihan, sedangkan kerupuk kulit adalah terbuat dari kulit kerbau pilihan. Kemudian diproses dengan proses yang sama, yang dicampur dengan rempah-rempah asli Indonesia. Seperti ketumbar, kunyit, bawang merah, asam, garam, gula merah dan bahan-bahan lainnya.

Dorokdok dan kerupuk garut tidak menggunakan pengawet sama sekali dan ditangani dengan cara yang sangat higienis. Proses pembuatannya juga memakan waktu lama, yaitu lima hari sampai satu mingguan.

6. Emplod

Mendengar  nama saja sudah sangat unik, yaitu emplod. Ada juga komunitas lain yang memanggilnya Endog Lewo. Endog berarti telur, sedangkan lewo adalah area tempat makanan ini diproduksi.

 Emplod berbahan daar dari singkong yang mana Emplod memiliki rasa yang enak dan tajam. Bentuknya bulat seperti telur, ternyata makanan gurih ini dibumbui dengan bumbu sederhana. Hanya bawang putih dan garam.

Menurut orang Indonesia, emplod punya rasa pedas. Meskipun tidak terlalu terkenal seperti makanan lainnya, namun emplod telah menyebar ke berbagai daerah di Jawa Barat. Seperti Sumedang, Bandung dan daerah lain di Jawa Barat.

7. Opak

Oleh-oleh asli Garut lainnya adalah opak Garut, memiliki karakteristik yang berbeda dari opak di tempat lain. Keistimewaannya adalah cara pembuatannya, rasa dan bentuk yang lebih menarik.

Dari dulu hingga sekarang, opak ini masih diproduksi dan cukup terkenal di berbagai daerah, bahkan opak Garut penah menyebar ke banyak pasar di luar wilayah Jawa.

8. Jeruk Garut

Selain terkenal dengan makanan olahan, Garut juga terkenal dengan buah jeruknya, yaitu jeruk Garut. Berdasarkan Perda No. 9 tahun 1981, Jeruk Garut telah digunakan sebagai bagian dari merek Kabupaten Garut.

Karena jeruk Garut juga merupakan subsektor tanaman pangan pertanian yang bermanfaat dengan prospek yang sangat tajam bagi perekonomian masyarakat Garut.

9. Ladu

Makanan ini terdengar aneh di telinga orang, tetapi Ladu cukup terkenal di daerah tersebut. Malangbong adalah daerah asal makanan ini diproduksi, sehingga sedikit orang menyebutnya Malangbong.

Ladu itu dibuat dengan beras ketan. Ini kemudian diolah menjadi makanan dengan rasa unik yang bentuknya berbeda dari makanan lain. Jika Anda mencoba jenis ini, akan terasa sebelas dua belas dengan dodol. Tetapi perbedaannya adalah cetakan ini memiliki struktur yang agak kasar dan merupakan ciri khasnya.

10. Rengginang

Lalu ada Rengginang sebagai oleh-oleh asli Garut, yang terbuat dari beras ketan atau nasi yang dikukus dan dibumbui, kemudian dibentuk menjadi lingkaran datar. Kemudian dijemur sampai kering. Proses Rengginang terakhir digoreng hingga mengembang dan Rengginang siap dimakan.

11. Batik Garut

Selain jaket kulit, ada juga oleh-oleh asli Garut yang harus Anda bawa pulang ketika berada di Garut. Apa itu, Batik Garut. Jangan salah ya Garut juga memiliki batik unik lho. Batik Garut adalah warisan nenek moyang kita, diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Itu telah berkembang di Indonesia bahkan sebelum kemerdekaan terjadi. Sampai pada tahhun 1945, batik ini dikenal sebagai batik Garutan, dan berhasil jaya antara 1967 dan 1985an.

Karena kendala material, disertai dengan kurangnya modal, dan strategi pemasaran yang tidak menguntungkan. Penurunan tersebut disebabkan oleh generas penerus batik selanjutnya.

Alasan lain yang sangat bagus adalah persaingan dari produsen lain yang menggunakan teknologi lebih modern. Misalnya, keberadaan batik cap pada mesin cetak.

12. Jaket kulit

Selain makanan, Kabupaten Garut juga memiliki oleh-oleh asli Garut, yang terkenal di mana-mana. Jaket kulit Garut , merupakan alasan orang pergi ke daerah Garutah . Selain murah, jaket kulit Garut dijamin berkualitas baik juga dalam kacamata asing. Di Garut Anda juga dapat melihat proses pembuatannya secara langsung. Anda bisa melihat model jaket kulit pria terbaru di sini dan model jaket lainnya.

13. Akar harum

Akar wangi ini umumnya digunakan sebagai pewangi dengan namanya. Misalnya, minyak akar wangi atau minyak esensial yang banyak ditemukan dalam bahan kosmetik. Jadi ketika Anda ke Garut bukan hanya makanan yang di dapat, sesekali agar badan juga menjadi harum mewangi ya. Hehehe.

Pada kenyataannya, masih ada banyak suvenir khas dari akar panah lainnya, tetapi di atas adalah suvenir dan oleh-oleh asli Garut yang sering dibeli konsumen. Demikianlah ulasan ini disampaikan, semoga bermnafaat.

Halaman Lain:
Aneka Resep Menu Ramadan - Resep Makanan - Resep Sambal Resep Minuman - Wisata Kuliner

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel