Sejarah Kuliner Nusantara,Sudah Berabad-bad Lamanya Telah Memanjakan Lidah

Indonesia pada awalnya dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah yang berlimpah. Dari rempah-rempah berbasis rempah-rempah ini, banyak hidangan asli Indonesia dibuat. Bukan itu saja. Interaksi perdagangan dengan negara-negara asing, menciptakan jenis masakan lintas yang juga memperkaya selera.

Sejauh ini, ada banyak masakan Indonesia yang dikenal di seluruh dunia. Dari rendang, nasi goreng, hingga sate, mereka telah memanjakan banyak penikmat dan pencari rasa. Dan ini adalah bagian dari dapur masakan nusantara dengan sejarah perkembangannya di Indonesia.

1. Gudeg
Gudeg

Dikatakan bahwa santapan istimewa dari Yogyakarta ini dibuat ketika Kerajaan Islam Mataram dibangun di Hutan Mentaok, Kota gede di Yogyakarta, sekitar abad ke-16. Pada saat itu, banyak pohon jaca, kelapa dan melinjo ditebang. Karena buahnya banyak, membuat pekerja mengambil inisiatif untuk membuat hidangan dari hasil pohon. 

Karena jumlah materi yang besar, bahan itu harus diagitasi dengan alat seperti sekop untuk memprosesnya. Proses pengadukan ini, dalam bahasa Jawa, disebut hangudeg, yang kemudian membuat hidangan ini dikenal sebagai gudeg. Seiring dengan perkembangan zaman, panas pada mulanya adalah Berkuah, sekarang panas itu juga diproses dan dikeringkan agar lebih lama.

2. Sate
Sate

Ada beberapa versi yang menyebutkan kisah dari mana sate itu berasal. Beberapa mengatakan mereka datang dari pedagang Arab, India, dan Cina. Dari sekian banyak versi, disebutkan bahwa sate berkembang di Jawa dan Madura. Dari sana, sate menyebar ke beberapa daerah dengan model pengembangan rempah masing-masing. Beberapa dari mereka adalah Sate Maranggi dan Sate Padang.

3. Rendang
Rendang

Dalam ulasan oleh sejarawan Universitas Andalas Padang, Gusti Anan, dikatakan bahwa Rendang didahului oleh kebiasaan orang Minang yang bepergian dengan air ke Selat Malaka ke Singapura sekitar abad ke-16. Ada desa yang bisa dikunjungi sebelum sampai di tujuan. Rendang dikatakan berasal dari kata merandang, yang berarti memasak santan hingga kering perlahan. 

Ini dianggap sebagai salah satu karakteristik yang sesuai untuk menjelaskan asal usul rendang. Referensi lain menyebutkan bahwa rendang pada awalnya dipengaruhi oleh kedatangan pedagang dari India ke daerah Minang sekitar abad ke 15. 

Mereka sering memasak dengan kari. Menurut ahli waris kerajaan Pagaruyung, kemungkinan rendang adalah proses tambahan untuk membuat makanan kari. Perbedaannya adalah kari lebih basah, sedangkan rendang mengering agar lebih tahan lama.

4. Nasi goreng
Nasi goreng

Sebenarnya, dapur ini adalah dapur yang sangat bervariasi di berbagai belahan dunia. Namun di Indonesia diketahui memiliki karakteristik sendiri. Terutama, karena tambahan rempah-rempah khas Indonesia. Dari berbagai publikasi, itu disebut nasi goreng yang awalnya ditanam oleh orang Cina dari 4000 a. C. Mereka tidak memiliki batasan untuk makan hidangan yang sudah dingin. 

Di sisi lain, mereka juga tidak pernah menyerah. Kemudian, nasi dingin yang tersisa diproses kembali dengan bumbu tambahan. Komunitas Cina di luar negeri berinteraksi dengan komunitas Nusantara ketika mereka berdagang dengan kami. Menu nasi goreng awalnya dicampur dengan banyak babi, kemudian disesuaikan dengan kondisi setempat. Ini dianggap telah memulai popularitas menu nasi goreng gaya Indonesia.

5. Soto
Soto

Sebuah sumber mengatakan bahwa asal Soto berasal dari wilayah India Tamil, yang penduduknya harus dievakuasi sebagian karena perang sekitar 2.200 tahun yang lalu. Kemudian mereka mencapai nusantara dan salah satunya membawa makanan kari. Salah satu jenis makanan disebut Sothi. Awalnya, Sothi hanya berisi sayuran karena orang Hindu India tidak makan sapi. Model memasak kari ini menyesuaikan dengan bahasa nusantara, sehingga sekarang dikenal untuk beberapa jenis soto, mulai dari Soto Madura, Sroto Banyumas, Coto Makassar dan variasi lainnya.

Itulah sekilas penjelasan tentang sejarah kuliner yang sudah lama memanjakan lidah para pencintanya, muali hari ini dan seterusnya, cintai kuliner Indonesia, jagalah kelestariannya agar bisa bermanfaat buat banyak orang, khususnya bagi kita pencinta kuliner nusantara. Artikel ini sudah tayang di unileverfoodsolutions.co.id dengan judul Sejarah kuliner nusantara, memanja lidah berabad lamanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel