8 Cara Menghilngkan Bekas Jerawat

Menghilangkan jerawat dan bekas luka membutuhkan banyak usaha. Jerawat dapat muncul dan sembuh setelah beberapa hari, tapi bekas jerawat bisa bertahan dari beberapa minggu hingga berbulan-bulan. Tak hanya meninggalkan bekas hitam, bekas jerawat terkadang menimbulkan luka yang dalam.Orang dengan kulit berjerawat terkadang malu dan tentunya tidak percaya diri.


Karena jika perawatan dengan bahan kimiawi yang terlalu keras untuk menghilangkan bekas jerawat dapat menimbulkan efek samping yang begitu tinggi. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak bahan alami yang bisa menghilangkan pada bekas jerawat yang membandel. Dibawah ini merupakan ramuan masker organik untuk menghilangkan bekas jerawat:

1. Ramuan Masker Lidah Buaya 

Khasiat lidah buaya sudah tidak diragukan lagi, ramuan alami ini bisa digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Cara mengobati bekas jerawat dengan lidah buaya cukup mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan gel lidah buaya atau gel lidah buaya pada bekas jerawat. Pijat dengan lembut, lalu biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menggunakan lendir atau gel lidah buaya sebagai ramuan untuk membuat masker jerawat. 


Untuk membuat ramuan ini, campurkan satu sendok makan gel lidah buaya atau lendir dengan dua tetes minyak pohon teh. Oleskan ke area yang terkena, tunggu 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi setiap dua atau tiga hari sekali. 

2. Ramuan Masker lemon 

Jeruk Lemon bisa menghilangkan bekas jerawat yaitu dengan cara mengangkat sel kulit yang telah mati, kemudian mendorong pertumbuhan sel kulit yang baru, kemudian juga dapat meningkatkan elastisitas pada kulit. Cara mengobati bekas jerawat dengan masker lemon, khususnya, oleskan air jeruk nipis segar pada bekas luka. Lalu biarkan kurang lebihnya selama 10 menit saja, kemudian bilas dengan air yang bersih. Ulangi 1 atau 2 kali dalam sehari. 

Anda juga bisa menggunakan lemon yang dicampur dengan madu untuk dijadikan masker jerawat. Gunakan rasio 1 banding 1. Kemudian Anda bisa langsung mengoleskan masker lemon madu pada bekas jerawat dengan memakai bola kapas. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas saja dengan air bersih lalu lap hingga keringkan. Ulangi cara ini sekali dalam sehari. 

3. Ramuan Masker Kentang 

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker kentang cukup mudah lho. Yang harus Anda lakukan adalah memarut kentang kemudian saring dengan kain bersih untuk mendapatkan tepung kentang tersebut. Oleskan ekstrak cairan ini pada bekas jerawat yang membandel. Setelah itu biarkan hingga 20 menit lamanya, kemudian jangan lupa bilas dengan air bersih. 


Untuk kenyamanan, Anda juga bisa memotong kentang menjadi irisan yang agak tebal. Gosok irisan dengan lembut di area yang ada bekas jerawatnya. Diamkan selama 15 menit hingga 20 menit agar semua cairan terserap kedalam pori kulit. Lalu kemudian bilas dengan air bersih.

4. Ramuan Masker kunyit 

Kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker kunyit sangatlah praktis. Untuk membuat masker kunyit, campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit perasan air lemon. Oleskan masker kunyit ke area yang ada bekas jerawatnya, biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan pelembab setelah menggunakan masker tersebut. Ulangi menggunakan masker kunyit ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

5. Ramuan Masker madu
  
Madu juga bisa mengobati dan membersihkan pada bekas jerawat. Cara mengatasi bekas jerawat dengan masker madu ini bisa anda aplikasikan pada malam hari. Tutupi masker dengan kain kasa, lalu biarkan meresap ke dalam kulit semalaman. Baru, bilas pagi hari dengan air hangat. Ulangi setiap hari. 

6. Ramuan Masker witch hazel

Bahan alami ini sangat cocok untuk mengatasi jerawat pada kulit normal dan sensitif. Zat alami ini juga dapat membantu mengontrol peradangan dan mengurangi pada kemerahan. Witch hazel juga bisa mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit. 

7. Ramuan Masker putih telur 

Ternyata putih telur mengandung zat astringent yang membantu mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah. Tidak hanya itu, putih telur juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat. Agar kulit tidak mengering, tambahkan susu almond untuk menenangkan(melembabkan) pada kulit. Adapun cara membuat masker putih telur dan susu almond cukup sederhana.


Campur dua sendok teh susu almond, satu bagian putih telur, dan satu sendok teh perasan air lemon. Gunakan masker tersebut selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang terbaik, gunakan masker ini untuk menghilangkan bekas jerawat dua kali dalam satu seminggu.

8. Masker kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung retinol alami, yang berfungsi sebagai pengelupas alami dan meregenerasi sel kulit yang telah rusak. Memakai bahan alami tadi, ternyata kulit jeruk bisa menghilangkan bekas jerawat yang membandel lho. Cara membuat masker dari kulit jeruk ini sangatlah mudah, caranya sebagai berikut, campurkan 1 sendok teh bubuk kulit jeruk yang sudah keringkan kemudian 1 sendok teh susu murni. 


Setelah jadi maka oleskan masker ke area yang terkena bekas jerawat, kemudian diamkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan air yang bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan perawatan ini dua kali dalam seminggu. 

Jika dari 8 ramuan masker alami ini mengalami tanda-tanda iritasi , maka hentikan penggunaan masker wajah tersebut. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kesayangan Anda. Semoga ini bermanfaat.

0 Response to " 8 Cara Menghilngkan Bekas Jerawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel